Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Bersyukur Pebalapnya Bisa Kembali Balapan di Catalunya

Kompas.com - 05/09/2023, 18:06 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Gresini Racing turut menjadi korban dari insiden tikungan pertama pada MotoGP Catalunya 2023. Untungnya, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio bisa kembali balapan tanpa cedera yang serius.

Selepas start, Enea Bastianini melakukan kesalahan dengan masuk tikungan secara agresif hingga menyebabkan banyak pebalap terjatuh, termasuk kedua pebalap Gresini Racing.

Bendera merah pun terpaksa dikibarkan, melihat Francesco Bagnaia juga mengalami kecelakaan fatal saat keluar tikungan 2. Saat balapan kembali dimulai, Alex dan Diggia pun masih bisa mengikutinya.

Baca juga: Gresini Racing Optimistis Raih Poin Besar di MotoGP Catalunya 2023

Keduanya berhasil finis dalam sepuluh besar. Alex membawa Ducati Desmosedici GP22 melewati garis finis di posisi keenam. Sedangkan Diggia, di posisi kesepuluh.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023

Hasil tersebut memberikan tambahan poin pada klasemen sementara MotoGP 2023. Posisi sementara Alex kini berada di peringkat kesepuluh dengan perolehan 102 poin. Lalu, Diggia berada di peringkat keenambelas.

Alex mengatakan, dirinya tahu ini akan menjadi balapan yang panjang dan menantang dan pada akhirnya memang demikian. Kali ini adalah perlombaan bertahan sampai akhir.

"Kami berjuang sepanjang akhir pekan dan keenam adalah hasil positif mengingat kecelakaan awal yang kami alami, dan yang penting adalah kita terus berkembang dan mencetak poin," ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ducati Sebut Banyak Pebalap Antre Ingin Masuk Gresini Racing

Sementara Diggia, mengakui di Sirkuit Catalunya akan menjadi balapan yang panjang dan menantang. Sayangnya, tidak ada awal yang lebih baik dari ini dan dia pun harus mengusahakannya.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023

"Saya pikir kami melakukan balapan dengan sangat baik karena saya mungkin adalah pebalap yang paling banyak menyalip dan bertarung dengan grup kedua,” kata Diggia.

Rommy Averdy Saat, Consumer Brand General Manager PT EMLI, berharap kembalinya Alex dan Diggia di pekan kedua September untuk hadapi seri ke-12 MotoGP 2023 di San Marino, bisa semakin memberikan poin yang lebih baik lagi bagi tim.

“Pekan depan pada 10 September, balapan akan digelar di Sirkuit Misano yang merupakan rumah bagi Tim Gresini Racing MotoGP. Federal Oil akan terus mendukung kedua pebalap, dan berharap podium ganda dapat diraih di depan para supporter tuan rumah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com