Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Bicara Nasib Morbidelli, Bisa Masuk Gresini

Kompas.com - 01/07/2023, 15:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Franco Morbidelli jauh dari kompetitif ketika masuk tim pabrikan Yamaha. Padahal, pebalap didikan VR46 Riders Academy ini cukup bertalenta. Untuk itu, Ducati mulai membicarakan masa depannya.

Morbidelli merupakan juara dunia Moto2 2017. Sehingga, sangat disayangkan jika talentanya disia-siakan dengan berada di tim yang motornya kurang kompetitif.

Baca juga: Yamaha Segera Tentukan Nasib Morbidelli, Bisa Jadi Dibuang

Morbidelli sendiri sudah masuk MotoGP sejak 2018. Saat pertama masuk, Morbidelli ditarik ke tim satelit Honda, yakni tim Marc VDS.

Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Pada 2019 hingga 2021, Morbidelli beralih ke tim satelit Petronas Yamaha. Pada musim keduanya di Yamaha, Morbidelli berhasil menjadi runner up di klasemen.

Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Ducati, nampaknya tertarik dengan talenta yang dimiliki oleh Morbidelli. Dia pun mencoba untuk menempatkan pebalap tersebut di skuadnya. Tempat yang mungkin tersedia adalah Gresini Racing.

Baca juga: Morbidelli Kasih Isyarat Tak Ingin Lagi di Yamaha

"Alex Marquez sudah dikonfirmasikan (tetap di tim), meskipun belum ada pengumuman untuk tahun depan," ujar Ciabatti, dikutip dari Crash.net. Sabtu (1/7/2023).

Pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

"Fabio Di Giannantonio sudah diberikan waktu tertentu untuk diputuskan apakah kita akan memperpanjang kontraknya atau tidak," kata Ciabatti.

Ciabatti menambahkan, pihaknya berbicara dengan VR46 terkait kemungkinan untuk merekrut Morbidelli. Tapi, ada omongan di paddock bahwa Morbidelli diproyeksikan untuk menggantikan Toprak Razgatlioglu di World Superbike (WorldSBK).

Kursi di Gresini Racing tampaknya yang akan jadi perebutan. Ciabatti mengatakan, pebalap Moto2 Tony Arbolino juga ditawarkan untuk masuk ke tim tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com