Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Hengkang dari Yamaha, Morbidelli Merapat ke Gresini

Kompas.com - 03/08/2023, 16:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Franco Morbidelli resmi akan berpisah dengan Yamaha di akhir musim ini. Berpisah dengan tim pabrikan, Morbidelli dikabarkan akan kembali ke tim satelit.

Morbidelli merupakan salah satu pebalap bertalenta. Sayangnya, motor yang digunakan saat ini kurang kompetitif, sehingga tidak bisa menyalurkan potensi maksimumnya.

Baca juga: Alex Rins Resmi Pindah ke Yamaha, Singkirkan Morbidelli

Pada musim 2020, saat masih bersama tim satelit Petronas Yamaha SRT, Morbidelli bahkan menjadi runner up di akhir klasemen. Dia juga berhasil meraih lima podium dengan tiga kemenangan di antaranya.

Franco Morbidelli mulai incar gelar juara dunia. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Franco Morbidelli mulai incar gelar juara dunia. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Ducati, tampaknya jadi salah satu orang yang tertarik dengan potensi yang dimiliki oleh Morbidelli. Dia pun tertarik untuk menempatkan juara dunia Moto2 2017 tersebut di tim satelitnya, yakni Gresini Racing.

"Alex Marquez sudah dikonfirmasikan (tetap di tim), meskipun belum ada pengumuman untuk tahun depan," ujar Ciabatti, dikutip dari Crash.net, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Mau Didepak Yamaha, Morbidelli Minta Bantuan Valentino Rossi

"Fabio Di Giannantonio sudah diberikan waktu tertentu untuk diputuskan apakah kita akan memperpanjang kontraknya atau tidak," kata Ciabatti.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2023

Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut saat ini memang terlihat kurang kompetitif. Diggia bahkan jarang terlihat bersaing di barisan depan dan hanya beberapa kali finis di sepuluh besar.

Musim lalu, Diggia hanya sanggup berada di peringkat ke-20 di akhir klasemen. Sementara musim ini, setelah delapan seri berlalu, Diggia bertahan di peringkat ke-15 pada klasemen sementara. Sementara Morbidelli, ada di peringkat ke-11.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com