Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Honda Rilis Monkey dan Super Cub C125 2024 | Variasi Biaya Uji Emisi Mobil di Bengkel Resmi

Kompas.com - 27/08/2023, 07:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Monkey dan Super Cub C125 dapat penyegaran baru di Amerika. Kedua motor tadi kini tersedia dengan warna yang lebih menarik, membuat tampilannya tetap punya aura vintage.

Dikutip dari Rideapart, Honda Monkey merupakan motor legendaris Honda dari 1960-an. Saat itu Monkey cuma dipakai di taman bermain dengan nama Tama Tech yang dimiliki Honda.

Banyak yang suka dengan motor tersebut dan jadi ikon di masa modern. Untuk generasi di 2024, Honda tetap mempertahankan model Monkey, tidak banyak ubahan cuma di bagian warna saja.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menindak kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi. Untuk mendapatkan sertifikat lolos uji emisi setelah melakukan pengecekan, bisa dilakukan di bengkel resmi dengan membayar sejumlah biaya.

Pengetatan aturan gas buang dari kendaraan pribadi dilakukan sebagai langkah Pemprov DKI Jakarta mengendalikan polusi udara. Apalagi, belakangan ini kondisinya cukup buruk karena polusi.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 26 Agustus 2023 :

1. Honda Rilis Monkey dan Super Cub C125 2024, Dapat Penyegaran

Mesin yang digunakan tetap 124cc injeksi. Untuk sistem keamanannya, Monkey terbaru ini tetap membawa sistem ABS untuk pengeremannya. Honda Monkey ditawarkan dalam dua warna baru, Pearl Nebula Red dan Pearl Black.

Banderolnya di 4.299 dollar AS atau setara Rp 65 jutaan. Sedangkan untuk Super Cub, menilik sedikit soal sejarahnya, motor bebek tersebut hadir sejak 1958. Sejak saat itu diklaim sudah 100 juta Cubs dijual di seluruh dunia, makanya jadi motor bebek yang populer.

Baca juga: Honda Rilis Monkey dan Super Cub C125 2024, Dapat Penyegaran

2. Variasi Biaya Uji Emisi Mobil di Bengkel Resmi

Uji emisi di Auto2000dok.Auto2000 Uji emisi di Auto2000

Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2000, maka kendaraan bermotor yang usianya sudah di atas tiga tahun, wajib untuk melakukan uji emisi.

Salah satu bengkel resmi yang menyediakan layanan uji emisi adalah Auto2000. Pemilik mobil Toyota bisa menguji emisi kendaraannya secara gratis dengan syarat rutin melakukan servis berkala.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan mengatakan, untuk di Jakarta biaya yang ditetapkan sekitar Rp 163.000.

Baca juga: Variasi Biaya Uji Emisi Mobil di Bengkel Resmi

3. Mengapa Rangka Motor Jadul Lebih Kuat Dibandingkan Rangka Motor Baru?

Bengkel Las Kaya Teknik melayani perbaikan rangka motor matik yang mengalami patah atau berkarat.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Bengkel Las Kaya Teknik melayani perbaikan rangka motor matik yang mengalami patah atau berkarat.

Banyak yang mengatakan bahwa motor jadul itu lebih kuat, lebih tangguh, lebih awet dan lebih bandel daripada motor keluaran baru. Oleh karena itu sangat wajar apabila ada masyarakat tertentu yang lebih mencintai motor jadul dibandingkan motor-motor keluaran saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com