Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perawatan Mobil Suzuki Mild Hybrid, Diklaim Cuma Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 16/08/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan sederet mobil yang sudah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) alias mild hybrid di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Kendaraan Suzuki yang mengusung teknologi mild hybrid itu, adalah Ertiga Hybrid, Grand Vitara Hybrid, dan XL7 Hybrid yang belum lama diluncurkan.

Meski sudah menggunakan teknologi elektrifikasi, ternyata biaya perawatan beberapa model andalan Suzuki  berteknologi mild hybrid ini diklaim relatif terjangkau.

Baca juga: Luhut Ungkap Alasan Tesla Tunda Invesasi di Tanah Air

“Selain mudah dan praktis, biaya perawatan juga terjangkau serta tidak berbeda dari model konvensional. Sebagai contoh, total biaya perawatan rutin Suzuki XL7 Hybrid atau Ertiga Hybrid selama lima tahun, berkisar mulai dari angka Rp 6 jutaan,” ucap Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT SIS, di Tangerang, Senin (14/8/2023).

Pada bengkel resmi, mobil Suzuki hybrid akan dilakukan pengecekan menggunakan battery tester dan Suzuki Diagnostic Tools-II setiap pengecekan kendaraan.

Test drive SuzukiSuzuki Test drive Suzuki

Saat jarak tempuh mencapai 10.000 Km Suzuki akan melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh dan dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, dan gasket untuk menjamin kinerja mesin yang optimal, efisiensi konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang rendah.

Kemudian pada jarak 20.000 Km, Suzuki akan melakukan penggantian oli mesin, filter oli, gasket dan busi. Pada 30.000 km, hanya memerlukan penggantian filter oli, ili mesin dan gasket kembali.

Baca juga: PO Starbus Luncurkan Bus Pariwisata Baru di GIIAS 2023

Selanjutnya saat jarak tempuh mencapai 40.000 Km, konsumen mendapat penggantian oli mesin, filter oli, filter udara busi, oli transmisi, minyak rem dan radiator coolant.

Mencapai jarak 50.000 Km, perawatan yang dilakukan masih sama dengan mencapai jarak tempuh 30.000 Km untuk menjamin sistem dapur pacu tetap optimal, efisiensi bahan bakar yang baik, serta emisi gas buang yang rendah.

Ilustrasi Bengkel Suzuki yang melayani perbaikan bodi dan catSIS Ilustrasi Bengkel Suzuki yang melayani perbaikan bodi dan cat

Adapun untuk total biaya yang dibutuhkan konsumen untuk merawat mobil Suzuki hybrid baik XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid sampai 100.000 Km hanya membutuhkan dana sebesar Rp6.448.300 (MT) dan Rp 6.251.500 (AT). Konsumen Suzuki juga mendapat gratis biaya servis hingga 50.000 Km.

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku mulai Hari Ini

Total biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa servis dan pembelian komponen fast moving serta pelumas yang harus diganti karena periode pemakaian, namun belum termasuk pembelian parts slow moving sesuai kondisi pemakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com