Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG 4 EV Andalkan Teknologi Baterai Canggih, Lebih Tipis dan Efisien

Kompas.com - 15/08/2023, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Morris Garages (MG) turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, dengan menghadirkan mobil listrik andalannya, yakni MG4 EV. Mobil listrik ini dibekali teknologi baterai yang canggih.

MG4 EV memiliki desain yang cukup agresif dan futuristik. MG Motor Indonesia mengeklaim mobil listrik ini memiliki desain yang avant-garde.

Baca juga: Dipasarkan Selama di GIIAS 2023, MG ZS XPower Hanya Tersedia 100 Unit

Tak hanya unggul secara desain eksterior, MG4 EV juga memiliki desain interior yang tak kalah menarik dan membuat nyaman penggunanya. Tapi, salah satu bagian yang jadi keunggulan adalah baterai yang digunakan.

Teknologi baterai Rubik's Cube yang digunakan pada mobil listrik MG4 EVDok. MG Motor Indonesia Teknologi baterai Rubik's Cube yang digunakan pada mobil listrik MG4 EV

MG4 EV mengandalkan teknologi baterai canggih yang disebut Rubik's Cube. Baterai pak ini dirancang untuk menghasilkan distribusi bobot yang merata dan dengan dimensi yang lebih tipis.

Dengan distribusi bobot 50:50, pengendalian mobil jadi lebih baik dan lebih responsif. Dikombinasikan dengan sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), pengendaranya akan mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Nebula Pure Electrif Platform, platform yang digunakan pada mobil listrik MG4 EVDok. MG Motor Indonesia Nebula Pure Electrif Platform, platform yang digunakan pada mobil listrik MG4 EV

Baca juga: Spesifikasi Lengkap New MG ZS EV yang Dipamerkan di GIIAS 2023

Apalagi, kemampuan akselerasinya juga luar biasa, 0-100 kilometer per jam dapat dicapai hanya dalam 3,8 detik. Kemampuan akselerasi ini dimiliki berkat tenaga maksimal sebesar 125 kW dan torsi 250 Nm, dari baterai berkapasitas 51 kWh. Daya jelajahnya juga diklaim mencapai 425 kilometer.

Teknologi baterai Rubik's Cube yang digunakan pada mobil listrik MG4 EVDok. MG Motor Indonesia Teknologi baterai Rubik's Cube yang digunakan pada mobil listrik MG4 EV

Teknologi baterai Rubik's Cube memiliki beberapa keunggulan lainnya, yakni sebagai berikut:

1. Bentuk Universal dan Ringkas

Teknologi baterai ini memiliki desain yang ringkas dan datar. Sehingga, menghasilkan efisiensi ruang yang maksimal dan distribusi bobot yang merata.

Performa berkendara pun menjadi meningkat. Dengan desain yang universal, artinya teknologi baterai ini bisa disematkan ke jenis mobil lainnya, baik sedan, SUV, maupun MPV.

2. Peningkatan Keamanan dan Daya Tahan

Rubik's Cube dibekali dengan passive thermal diffusion, yakni rancangan pendinginan vertikal. Sehingga, setiap sel baterai dapat dipasarkan mendapatkan pendinginan yang optimal.

Rancangan ini juga berdampak pada usia baterai yang lebih panjang dan performa yang lebih optimal.

Berkat teknologi ini, MG4 EV mampu menghasilkan Zero Thermal Runaway. Teknologi baterai ini juga memiliki sensor canggih yang berfungsi untuk mengawasi berbagai parameter yang berpotensi menimbulkan masalah.

Dengan adanya sensor tersebut, maka tingkat risiko terjadinya anomali pada baterai dapat diminimalisasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com