Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Kendarai Royal Enfield Super Meteor 650, Motor Cruiser Nyaman

Kompas.com - 15/08/2023, 18:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield Super Meteor 650 sudah resmi hadir di Indonesia. Motor bergaya cruiser tersebut dibanderol mulai Rp 242,3 juta.

Sebenarnya motor ini jadi cruiser ringkas yang proper. Mesin cukup besar 650cc dua silinder, ditambah posisi duduk nyaman dengan dudukan kaki yang dipasang agak ke depan.

Pada kesempatan kali ini, redaksi bisa coba langsung Super Meteor 650 di area test ride GIIAS 2023. Sayang, lokasinya agak sempit dan kecil, tapi setidaknya bisa merasakan Super Meteor saat manuver di kecepatan rendah.

Baca juga: Skema Kredit Royal Enfield Super Meteor 650, Cicilan mulai Rp 4 Jutaan

Royal Enfield Super Meteor 650
Kompas.com/Nanda Royal Enfield Super Meteor 650

Ketika redaksi duduk, posisinya sangat santai. Kebetulan yang kami coba adalah versi tourer, jadi bangku pengendara cukup baik menyokong badan, di tambah di belakang buat penumpang ada sandaran punggung.

Untuk tubuh redaksi yang tingginya 178cm, posisi berkendaranya sangat santai. Kaki rileks ke depan, tangan juga bisa mencapai setang dengan baik, tidak tegang.

Kontak pun kami geser ke on dan starter dinyalakan. Terdengar samar suara mesin dua silinder yang merdu, apalagi saat digas-gas ketika diam, rasanya ingin ganti knalpot biar suaranya lebih keras lagi.

Baca juga: Hino Bidik Pasar Sektor Kargo untuk Penjualan Truk

Royal Enfield Super Meteor 650Kompas.com/Nanda Royal Enfield Super Meteor 650

Hebatnya, Royal Enfield sekarang sudah punya mesin yang halus. Getaran tidak begitu berarti ketika dicoba bawa jalan.

Ketika masuk area tes, reaksi pertama kami adalah gasnya responsif di putaran yang rendah. Bahkan dipakai jalan di gigi satu sudah sangat nyaman mengitari area tes yang cukup kecil.

Enaknya lagi, karena posisi yang sudah nyaman, manuver zig-zag sampai patah pun mudah dilakukan dengan percaya diri.

Pada sektor kaki-kaki pun terasa mantap, saat melewati polisi tidur yang kecil, bantingannya halus, meredam dengan baik.

Royal Enfield Super Meteor 650Kompas.com/Nanda Royal Enfield Super Meteor 650

Kesimpulan dari tes singkat ini untuk Super Meteor adalah, cruiser ini worth untuk dibeli bagi pemula. Untuk area yang ramai dan sempit, rasanya Super Meteor masih enak dibawa manuver, terutama di kecepatan rendah.

Lebih enak lagi, ketika jalanan sudah sepi, pasti tangan gatal ingin buka gas lebih dalam. Ingin rasanya mengetes motor ini lebih jauh lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com