Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - GIIAS 2023 menjadi momen pengunjung mencoba berbagai motor listrik di area test ride. Salah satu motor listrik yang menarik perhatian redaksi adalah Segway N100.

Motor berkelir merah ini dibanderol Rp 36,5 juta, lebih murah dari Honda EM1 e: yang baru meluncur di GIIAS dengan harga Rp 40 jutaan. Secara dimensi, kedua motor tampak mirip kalau disandingkan.

Desain dari N100 pun tak kalah unik dari EM1 e:. Kami pun segera ke area tes untuk mencoba motor listrik ringkas ini, mengingat untuk Honda EM1 e: masih belum tersedia unit yang bisa kami tes.

Baca juga: Skema Kredit Segway N100-ER, Angsuran mulai Rp 1 Jutaan

Segway N100KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Segway N100

Ketika naik, N100 sudah tidak lagi memakai kunci, tapi diganti dengan kartu NFC. Cukup tap kartu di area dekat speedometer, maka motor akan aktif, bisa dibawa jalan.

Uniknya, N100 baru bisa berjalan kalau ada penumpang yang duduk di bangkunya. Ada sensor kalau misal pengendara tidak duduk atau sedang berdiri dan gas diputar, maka motor tidak akan maju, fitur safety yang bagus.

Kami pun duduk, merasakan dimensi motornya yang cukup ringkas. Tinggi badan redaksi saat adalah 180cm, hasilnya saat duduk kaki rileks cuma setang saja yang mentok kalau misalnya belok penuh.

Baca juga: AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat

Segway N100KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Segway N100

Bagian tangan pun rileks, dimensinya yang kecil membuat pengendara percaya diri lakukan manuver di kemacetan. Cuma memang, untuk tubuh kami yang besar, rasanya motor ini mungil sekali.

Kami pun coba motor ini di area tes yang cukup kecil. Ada tiga mode tenaga, 1, 2, dan 3, untuk yang 3, rasanya begitu responsif gasnya, menghentak tapi tidak terlalu mengagetkan, mengingat torsi instannya di angka 100 Nm.

Sedangkan untuk mode 1, rasanya terlalu santai, respons gas dibuat minim, agak kagok saat dibawa manuver, seperti kurang responsif. Paling pas memang di mode 2, tidak terlalu agresif tapi respons gas masih enak.

Baca juga: Sensasi Kendarai Royal Enfield Super Meteor 650, Motor Cruiser Nyaman

Soal suspensi, ketika kami lewati jalanan dengan polisi tidur, rasanya cukup keras. Mungkin memang bukan yang terbaik, masih ada yang lebih nyaman, tapi setidaknya cukup menahan jalanan yang bergelombang.

Motor ini bisa jadi pilhan buat orang yang cari motor Rp 30 jutaan. Secara bentuk menarik, build quality juga bagus, ditambah fiturnya yang melimpah, bahkan ada cruise control dan auto headlamp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com