Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Nama Khas Indonesia pada Mobil Keluaran Baru

Kompas.com - 16/08/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada dekade 1990-an, beberapa produsen mobil menamai produk atau model andalan menggunakan nama-nama hewan. Saat ini, tren itu sudah tidak zaman karena mayoritas merek memakai nama internasional atau kode tertentu.

Toyota Kijang mungkin jadi contoh nama yang paling sukses dan populer sampai sekarang. Bahkan, setelah hampir setengah abad (46 tahun) pada model terbaru Innova Zenix, nama Kijang masih dipakai.

Nama Isuzu Panther tidak kalah tenar, di mana penamaan tersebut juga berasosiasi pada mobil mesin diesel, mobil yang tangguh dan mobil serbaguna.

Baca juga: AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat

Ilustrasi Isuzu PantherGridOto.com Ilustrasi Isuzu Panther

Sementara itu, model mobil Jepang lainnya yang menggunakan nama hewan adalah Daihatsu Zebra. Lewat model ini, Daihatsu memproduksi minibus dan pikap kecil yang laku di pasaran.

Tak ketinggalan ada Mitsubishi Kuda, yang ketika itu menjadi pilihan MPV terjangkau bagi masyarakat, yang mampu menyaingi Kijang dan Panther.

Toyota Rangga

Pada lantai pameran GIIAS 2023, satu mobil niaga meluncur menggunakan identitas yang banyak dipakai mobil keluaran tahun 1990-an. Bukan nama hewan, tapi nama yang mencirikan Indonesia.

“Tentu saja banyak yang penasaran dengan arti dari Rangga ini. Pada konferensi pers di main booth kami, Ueda-san sempat menginspirasikan bahwa Rangga ini datang dari salah satu submit dari Kijang,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, di Tangerang (10/8/2023).

Baca juga: Sopir Bus Mengaku Lebih Nyaman Menyetir Bus Double Decker

Anton menjelaskan, nama Rangga merupakan warisan budaya Indonesia yang terinspirasi dari bahasa Jawa ‘Rangga’ atau ‘Ronggo’. Kata ini diklaim melambangkan satria atau pahlawan, atau jagoan di dunia bisnis yang kuat dan tangguh.

“Sehingga artinya Rangga ini secara umum, harapannya bisa menjadi jagoan baru Toyota dalam membantu berbagai konsumen yang ingin menggunakan mobil komersial dan juga melakukan bisnis,” kata dia.

Menanggapi tren penggunaan nama mobil dengan unsur lokal, Dosen Program Studi Jawa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Dwi Rahmawanto, mengatakan, hal tersebut bisa menjadi salah satu cara agen pemegang merek (APM) untuk menarik minat konsumen.

Baca juga: Dasbor XForce Disebut Mirip Stargazer, Ini Kata Mitsubishi

Daihatsu Zebra lansiran 1992 Dok Muhammad Fauzi Daihatsu Zebra lansiran 1992

“Jadi pasti ada kaitannya, nama itu nanti kaitannya dengan identitas, dan pelokalan-pelokalan identitas itu pasti menimbulkan kesan tersendiri buat masyarakat,” ujar Dwi, kepada Kompas.com (14/8/2023).

“Dan strategi-strategi ini sebetulnya bagus juga, daripada memanfaatkan nama-nama asing, itu akan lebih baik, pemanfaatan nama-nama lokal juga sebagai cara penguatan identitas ke-Indonesiaan,” kata dia.

Berdasarkan pengamatannya, tren penggunaan nama hewan atau nama dengan unsur ke-Indonesiaan sudah dipakai beberapa merek sejak beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Deretan Mobil Baru Toyota yang Mejeng di GIIAS 2023

Toyota Agya Facelift 2020KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Agya Facelift 2020

“Kalau Agya-Ayla itu menggunakan bahasa Jawa dan Arab. Agya itu ‘cepat’, sementara Ayla dari bahasa Arab, maknanya kurang lebih juga ‘cepat’,” ucap Dwi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com