Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat Bareng Seres E1, Mobil Listrik Baru Harga Rp 189 Juta

Kompas.com - 14/08/2023, 16:32 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile baru saja meluncurkan Seres E1, mobil listrik mungil 3 pintu dengan banderol mulai dari Rp 189 juta.

Hadir dengan tampilan ringkas dan mengkotak, Seres E1 memang didesain khusus untuk penggunaan masyarakat urban, yang sering bepergian dalam kota.

Redaksi berkesempatan mencoba langsung performa dari mobil listrik mungil satu ini, tepatnya saat GIIAS 2023 di ICE BSD Tangerang.

Awal memasuki area kabin, redaksi dengan postur tinggi badan 182 sentimeter sedikit kesulitan. Karena harus mengatur jarak bangku terlebih dahulu. Beruntungnya setelah semua disesuaikan, kabin masih terasa lega dan tidak sumpek.

Baca juga: Tugas Negara, Ini Peran Ioniq 6 pada KTT ASEAN dan AIS 2023

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023 Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023

Seres E1 sudah dibekali teknologi keyless dan hanya mengandalkan remote sensor berbentuk kotak, yang akan mengaktifkan kenop start-up mobil jika didekatkan.

Area dashbor juga terasa lega dan cukup lapang, disokong oleh adanya layar sentuh interaktif di bagian tengah, serta lis kelir ornamen kayu, memunculkan kesan modern dan elegan.

Sayangnya, redaksi menjumpai bahan dashbor yang digunakan nampak mudah kotor dan ternoda, karena lapisannya matte dan sedikit kasar.

Beralih pada sektor berkendara, Seres E1 memberikan kejutan. Daya dinamo sebesar 25.000 watt ternyata sangat nyaman dan responsif untuk dikendarai.

Baca juga: Kaca Film Ini Berikan Edukasi dengan Experience Booth di GIIAS 2023

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023

Tidak terasa adanya delay atau jeda yang menghambat ritme gas, tarikan Seres E1 terbilang spontan dan instan. Hal itu mungkin juga didukung oleh tenaganya yang diklaim sebesar 38 tk dan torsi 100 Nm.

Lebar haluan yang mampu dijangkau juga terbilang luas. Saat menjumpai putaran balik 180 derajat, redaksi sukses berbelok dalam sekali putaran.

Berlanjut ke rintangan terjal, ditemuilah satu kendala milik Seres E1, yakni suspensi yang cukup kaku dan ‘geronjalan’.

Bantingannya cukup keras, walaupun dalam kecepatan redah. Hal ini mungkin berkaitan dengan ukuran bannya, yang besarnya hanya 14 inci.

Baca juga: Wuling Air EV Lite Meluncur, Harga Rp 188,9 Juta

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023\" data-caption-en= Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023\" data-caption-en=

Selanjutnya, dilakukan pula tes melewati banjir atau genangan air dalam, untuk membuktikan ketangguhan baterai lithium ion Phosphate (li Pho) dengan kapasitas 13.800 watt. Hasilnya, baterai tetap sehat walau mobil diajak berendam.

Seres mengklaim akan memberikan garansi selama 8 tahun untuk penggantian baterai, serta garansi 3 tahun unntuk komponen aksesori lainnya.

Secara keseluruhan, Seres E1 dirasa cukup baik sebagai kendaraan listrik pemula, dengan area penggunaaan di dalam kota.

Menimbang jalan kota-kota pada umumnya yang cukup rata dan tidak terlalu banyak dijumpai lubang, nampaknya kelemahan Seres E1 bisa dinegasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com