Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Vespa Elettrica, Skuter Listrik Rp 198 Juta

Kompas.com - 14/08/2023, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa Elettrica akhirnya resmi dijual di Indonesia. Skuter listrik dengan bodi ikonik ala Vespa ini dibanderol cukup fantastis, Rp 198 juta.

Kalau dibandingkan dengan skuter listrik lain dari segi harga misal, dengan uang Rp 198 juta bisa membeli tiga Alva Cervo. Selain itu, masih ada kembaliannya, bisa buat biaya ngecas selama beberapa bulan.

Secara tampilan, Elettrica memang seperti Vespa Primavera. Bedanya ada pada bagian belakang, di mana tidak ada knalpot di sisi kanan dan pelek belakang jadi kelihatan jelas serta ada tulisan Elettrica di belakangnya.

Baca juga: Vespa Sprint S 150 Dapat Penyegaran, Harga Tembus Rp 60 Jutaan

Vespa Elettrica di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Vespa Elettrica di GIIAS 2023

Soal spesifikasi, secara umum Elettrica bisa menempuh jarak sampai 100 Km ketika memakai mode Eco. Kalau misalnya dipilih mode Power, maka jarak tempuhnya berkurang, jadi sekitar 70 Km.

Pada mode Eco, kecepatan dibatasi jadi cuma 40 Kpj. Kalau di Mode Power, kecepatan puncaknya ada di angka 67 Kpj sampai 70 Kpj. Tersedia juga mode Reverse, sangat berguna kalau mau mundur untuk parkir.

Saat mengecas, tinggal tarik kabel dari bawah jok, mengisi sampai penuh memakan waktu empat jam sampai delapan jam.

Baca juga: Subsidi Bisa Tekan Harga Motor Listrik Honda EM1 e: Jadi Rp 33 Juta

Keunikan pertama dari Elettrica adalah adanya sistem Kinetic Energy Recovery System (KERS). Sistem ini membantu efisiensi daya dengan mengisi ulang baterai ketika motor deselerasi atau mengerem.

Bisa dikatakan, KERS ini menjadi sistem yang membantu jarak tempuh lebih jauh. Apalagi rasanya di skuter listrik yang harganya hampir Rp 200 juta, harus punya teknologi yang canggih.

Untuk baterai, Vespa Elettrica memakai model 48V 86A dan dikombinasikan dengan motor listrik yang ada di bagian swing arm. Tenaga yang dihasilkan sebesar 3,6 kW sampai 4 kW atau setara 4,8 TK sampai 5,3 TK dan torsi 200 Nm.

Vespa Elettrica di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Vespa Elettrica di GIIAS 2023

Kembali ke bagian pengendara, ada instrument cluster full TFT berukuran 4,3 inci. Berbagai informasi bisa ditemukan di dalamnya, dari kecepatan, kapasitas baterai, jarak tempuh, sampai efisiensi baterai yang memakai diagram balok.

Selama masa pengenalan ini, Vespa menawarkan Elettrica dengan berbagai aksesori Genuine Vespa. Seperti Topbox khusus, Helm Vespa Genuine VJ Special Edition Elettrica, dan penutup kendaraan khusus Vespa Elettrica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com