Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Vespa Elettrica dengan Primavera, Apa Saja Bedanya?

Kompas.com - 14/08/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa Elettrica resmi meluncur di Indonesia dengan banderol Rp 198 juta. Secara tampilan, Elettrica memang mirip dengan Primavera yang tentu dijual lebih murah, di harga Rp 50 jutaan.

Secara bodi, kedua Vespa tampil identik, dari model lampu yang bulat dan sudah LED dan bodinya. Tapi untuk Elettrica, ada sedikit perbedaan di bagian detail, di mana ada bagian yang dicat biru.

Bagian biru tadi bisa dilihat di bagian bodi depan, mengelilingi bodi yang biasanya berwarna perak. Kemudian ada juga warna biru di bagian dasi dan pelek, menambah kesan elektrik saat dipadu dengan warna Azzuro Elettrico.

Baca juga: Vespa Sprint S 150 Dapat Penyegaran, Harga Tembus Rp 60 Jutaan

Vespa Primavera 2023Dok. Piaggio Indonesia Vespa Primavera 2023

Sedangkan untuk Primavera, bagian tadi yang warnanya biru biasanya jadi perak atau hitam. Selain itu di bagian pelek biasanya polos saja, kecual varian Primavera S dan Color Vibe di mana ada stiker warna.

Kemudian di bagian instrument cluster, untuk Elettrica memakai full TFT berukuran 4,3 inci seperti di model GTS Supertech dan Justin Bieber. Sedangkan untuk Primavera, masih memakai kombinasi analog dan digital.

Perbedaan lainnya tentu bisa dilihat dari powertrain, atau mesinnya. Elettrica memakai baterai listrik 48V 86A, dikombinasikan dengan dinamo bertenaga 3,6 kW sampai 4 kW atau sekitar 4,8 TK sampai 5,3 TK dengan torsi 200 Nm.

Baca juga: Pakai Platform Baru, Daihatsu Ayla Diklaim Lebih Nyaman


Kalau dibandingkan dengan Primavera, mesin 154,8cc i-Get tersebut menghasilkan tenaga lebih besar. Lebih detail, Primavera menghasilkan 8,7 kW atau setara 11,7 TK dan torsi 12 Nm.

Tapi kalau ditengok torsinya, perbedaannya jauh sekali, 12 Nm dengan 200 Nm. Perlu diingat juga, torsi dan tenaga yang ada di Elettrica itu instan, dari putaran gas yang pertama, beda sama mesin Primavera.

Tentu rasa berkendara keduanya berbeda, Elettrica itu instan, sedangkan Primavera butuh putaran mesin lebih tinggi biar terasa tenaganya. Tapi dengan harga yang hampir empat kali lipat, apakah sepadan? Ayo coba sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com