Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas Negara, Ini Peran Ioniq 6 pada KTT ASEAN dan AIS 2023

Kompas.com - 14/08/2023, 14:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ratusan mobil listrik Hyundai kembali melakukan tugas negara. Kali ini, Ioniq 6 dan Ioniq 5 yang diterjunkan untuk menunjang mobilitas para tamu negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan KTT Archipelagic and Island States (AIS).

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama menyebut total ada 346 unit mobil listrik dari Hyundai yang merupakan gabungan dari Ioniq 6 dan Ioniq 5 pada KTT ASEAN ke-43 pada September 2023 mendatang.

Sementara pada KTT AIS yang digelar Oktober 2023, unitnya lebih sedikit yaitu 208 unit. Hal tersebut karena cangkupan dan jumlah tamu negara yang sudah disesuaikan.

Baca juga: Chery Bilang Enggak Mau Jual Mobil Listrik Murah

Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023

"Mobil akan digunakan untuk spouse (pasangan) para pemimpin negara yang hadir. Lalu juga untuk para menteri luar negeri negara ASEAN dan para pasukan pengamanan atau security seperti Paspampres," kata Setya dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

Rinciannya, Ioniq 6 yang merupakan produk kendaraan listrik terbaru dari Hyundai nanti akan dipakai sebagai kendaraan yang memenuhi kebutuhan para pemimpin negara dan menteri luar negeri, termasuk pasangannya.

Sedangkan Ioniq 5 dipakai sebagai kendaraan pengamanan dan kebutuhan lainnya.

"Akhri Agustus 2023 nanti akan mulai dikirim dan akan diujicobakan oleh Paspampres yang akan bertanggung jawab mengemudikan Ioniq 5 dan Ioniq 6," kata Setya.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Mungil Honda N-Van EV Prototype di GIIAS 2023

Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ioniq 6 untuk KTT ASEAN dan KTT AIS Forum 2023

"Mereka dilatih mengenai pengenalan fungsi kendaraan dan pengalaman berkendara bagi seluruh aparat yang mengendarai unit tersebut selama perhelatan ini. Tentunya akan disetrilkan juga untuk digunakan pada KTT," katanya lagi.

Ia menambahkan, panitia nasional juga akan menyiapkan shuttle dan MRT sebagai fasilitas transportasi yang menghubungkan tempat akomodasi dengan lokasi acara yang kebanyakan digelar di area Gelora Bung Karno.

Presiden Direktur PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) Woojun Cha pun merasa bangga bisa menjadi bagian dalam perhelatan ASEAN Summit ke-43 dan AIS Summit 2023.

Baca juga: Banyak Merek Mobil China Masuk Indonesia merupakan Tren Global

Sebelumnya, perseroan juga sudah sempat meminjamkan 450 unit mobil listrik pada KTT G20 dan 117 unit Ioniq 5 ketika ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo.

"Hadirnya Ioniq 6 diharapkan mendukung kelancaran ajang internasional ini dan mendorong era elektrifikasi industri otomotif Indonesia, serta menjadi solusi mobilitas terbarukan untuk rakyat Indonesia,” kata Cha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com