Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Naik Bus Suites Class PO Sinar Jaya Rute Jakarta-Solo

Kompas.com - 14/08/2023, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - PO Sinar Jaya merupakan salah satu perusahaan bus antar kota antar provinsi (AKAP) terbesar di Indonesia, yang telah beroperasi sejak 1982.

Salah satu bus AKAP yang berhasil tim redaksi Kompas.com jajal adalah kelas eksekutif leg rest atau sandaran kaki rute, Jakarta - Solo. Bus ini menggunakan sasis Hino RN 285, suspensi udara, dengan karoseri Tentrem Avante H7.

Baca juga: Merasakan Sleeper Bus PO Sinar Jaya Rute Solo-Jakarta Berangkat Pagi

PO Sinar Jaya kelas eksekutifKOMPAS.com/ SELMA AULIA PO Sinar Jaya kelas eksekutif

Masuk kedalam kabin, ada sekat pemisah antara bagian pengemudi dan penumpang. Bus ini terdiri dari 32 kursi penumpang dengan konfigurasi 2-2. Setiap bangku penumpang akan dilengkapi dengan selimut dan bantal yang menyatu dengan kursi dan fasilitas toilet yang bisa digunakan saat bus berjalan.

Keberangkatan dari Jakarta dipilih sore, yakni pukul 18.15 WIB, dengan harapan bisa sampai Solo subuh pukul 03.30 WIB.

Tim redaksi Kompas.com mendapat bangku nomor satu, posisinya di depan sisi kiri. Saat mencoba kursi, bisa menegakkan sandaran kaki yang paling bawah, sehingga posisi leg rest akan panjang dan membuat penumpang bisa menyelonjorkan kaki.

Baca juga: Bus Listrik Garapan Adiputro Punya Daya Jelajah 350 Kilometer

Kursi PO Sinar Jaya kelas eksekutifKOMPAS.com/ SELMA AULIA Kursi PO Sinar Jaya kelas eksekutif

Secara keseluruhan, kursi leg rest ini terasa nyaman. Desain jok terlihat mewah, yang terbuat dari busa berbalut perpaduan kain bludru dan kulit.

Pada bagian atas setiap kursi penumpang terdapat dua colokan USB. Saat tim redaksi Kompas.com mencoba mengecas HP, USB port dapat digunakan dengan baik.

Baca juga: Karoseri Tentrem Serah Terima 5 Unit Bus Baru di GIIAS 2023

Pilihan menu makanan Sinar Jaya kelas eksekutifKOMPAS.com/ SELMA AULIA Pilihan menu makanan Sinar Jaya kelas eksekutif

Perjalanan selama kurang lebih 3 jam, bus berhenti di RM. Taman Selera Cikamurang, Indramayu. Disini terdapat pilihan masakan padang, yaitu sambal ijo, kol kuah kuning, telur dan ayam. Untuk pilihan ayam dan telur hanya bisa memilih salah satu saja.

Setelah berhenti selama 30 menit, bus kembali melanjutkan perjalanan dan langsung masuk tol. Setengah perjalanan dari rumah makan, tim redaksi Kompas.com tertidur.

Sekitar lima jam lebih, tim redaksi sudah tiba di Terminal Tirtonadi, tepatnya pukul 03.30 WIB. Jadi total perjalanan sekitar sembilan jam setengah dari Jakarta ke Solo, sudah termasuk berhenti untuk makan malam.

PO Sinar Jaya eksekutif class ini cukup nyaman untuk perjalanan jauh, yang ingin beristirahat selama perjalanan antar kota dengan tarif tiket yang tidak cukup mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com