Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Mobil Listrik yang Akan Meluncur di GIIAS 2023

Kompas.com - 08/08/2023, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil listrik nasional akan semakin ramai. Pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, diprediksi setidaknya akan ada sebelas mobil listrik yang siap diluncurkan.

1. Mercedes-Benz EQS SUV

Mercedes-Benz EQS SUVDok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz EQS SUV

SUV listrik ini pertama kali diluncurkan pada April 2021. Terdapat dua varian, yakni EQS 450+ yang memiliki tenaga 333 tk dan EQS 580 4Matic dengan tenaga 523 tk berpenggerak semua roda.

Mobil listrik ini tidak jauh berbeda dengan yang versi sedan, jika dilihat dari fiturnya. Perbedaan paling signifikan tentu pada dimensi dan interiornya yang lebih lapang. Selain itu, untuk varian 4Matic, terdapat mode berkendara Offroad.

Baca juga: Daftar Motor Listrik yang Tampil di GIIAS 2023

2. Mercedes-Benz EQS Edition 1

Mercedes-Benz EQS Edition 1Dok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz EQS Edition 1

Sedan listrik EQS sebelumnya sudah meluncur lebih dulu di Indonesia. PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) akan menambah variannya dengan menghadirkan Edition 1.

Mobil listrik ini akan mendapat paket eksterior AMG Line. Bagian kaki-kakinya juga dipercantik dengan pelek berdiameter 21 inci. Bodinya dikelir dengan warna hitam obsidian metalik yang unik. Kemudian, terdapat panoramic sunroof dan emblem Edition 1 pada segitiga jendela di bagian depan.

Pada interiornya, bagian jok dilapisi oleh kulit Nappa. Selain itu, terdapat beberapa detail dengan emblem Edition 1.

Baca juga: Intip Persiapan GIIAS 2023, Sudah Ada Mobil Baru?

3. Neta V

Mobil listrik Neta V meluncur di MalaysiaPAULTAN Mobil listrik Neta V meluncur di Malaysia

Neta V diyakini akan menjadi mobil listrik pertama yang akan dipasarkan oleh PT Neta Auto Indonesia. Crossover listrik ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh, yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 384 kilometer.

Sedangkan tenaga yang dihasilkan, disebutkan bisa mencapai 93 tk dan torsi maksimum 150 Nm. Neta V diklaim mampu melesat dari titik 0 hingga 50 kilometer per jam dalam waktu 3,9 detik, dan punya kecepatan maksimal 120 kilometer per jam.

Neta V sudah dipasarkan di Malaysia dengan harga 99.000 ringgit atau setara Rp 328,1 juta. Beda tipis di bawah Toyota Veloz tipe Q yang dipasarkan seharga Rp 335 jutaan.

4. MG ZS EV

MG ZS EVDok. MG MG ZS EV

MG Motor Indonesia diyakini akan memasarkan MG ZS EV dalam waktu dekat. Sebelumnya, mobil ini sudah dipamerkan pada GIIAS 2022. Tapi, ternyata justru MG4 EV duluan yang dipasarkan.

SUV listrik ini dibekali baterai berkapasitas 50,3 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh hingga 403 kilometer. MG ZS EV disebutkan memiliki peminat yang tinggi di Prancis, Swedia, Jerman, Norwegia, hingga Australia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com