Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Berkendara Keeway SCR 250V, Nyaman Tapi Gahar

Kompas.com - 05/08/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway menjadi satu-satunya merek motor yang punya lini produk scrambler di kelas 250cc. Punya nama SCR 250V, tampilannya bisa dibilang unik, layaknya motor gede, apalagi dilengkapi konfigurasi mesin V-twin.

Untuk mesin 250cc, SCR 250V punya tenaga yang tidak besar, cuma 16,8 TK dan torsi 17 Nm. Tapi buat harian, ternyata tenaga ini lebih dari cukup.

Untuk pemakaian harian, tenaga tadi sudah sangat memadai, torsinya mantap pada putaran mesin menengah. Jadi, pengendara tidak perlu sering-sering ganti gigi saat dipakai harian, cukup di gigi tiga dan empat sudah nyaman.

Baca juga: Keeway SCR 250V Punya Fitur Melimpah, Cocok buat Harian


Kelebihan yang bisa dirasakan adalah tenaga yang dikeluarkan halus, tidak tersentak saat stop and go. Apalagi suara mesin V-twin sangat enak didengar menjaga putaran mesin di bawah 4.000 RPM, jadi perhatian juga di jalanan.

Jadi buat dipakai di kecepatan 50 Kpj - 60 Kpj, SCR 250V sangat nyaman ditambah suaranya itu yang enak didengar. Menurut kami, motor ini bukan mengejar performa, tapi kesenangan berkendara, dari posisi duduk sampai suara dari knalpotnya.

Soal posisi berkendara, dengan postur tinggi badan 180cm dan terbilang nyaman, tidak terlalu menunduk. Cuma catatannya, hati-hati betis kaki kanan terkena knalpot, karena sangat dekat posisinya.

Baca juga: Pengakuan Maling Motor Tak Bisa Curi Motor Keyless

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Keeway SCR 250V ABS

 

Selain itu, posisi berkendara cukup nyaman buat jarak dekat dan jauh. Ketika diajak manuver di tengah kemacetan, SCR 250V masih enak dibawa selap-selip, jarak jauh juga tidak terlalu pegal dan getaran mesinnya minim.

Tapi, ada catatan lagi yang redaksi rasakan saat manuver di kecepatan tinggi. Rasanya motor begitu kaku, kurang nurut dengan keinginan pengendara yang mau sedikit rebahan.

Mungkin bisa disebabkan profil ban yang beda di depan dan belakang. Ban belakang dindingnya sangat tebal, ditambah ukuran peleknya yang 15 inci dibalut ban 130/90.

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Keeway SCR 250V ABS

Bisa jadi motor ini kurang enak diajak ngebut, apalagi dibawa manuver. Cuma buat dipakai harian, SCR 250V terasa nyaman, ditambah tampilan dan suaranya bisa menarik perhatian orang.

Jadi, dengan harga motor mulai Rp 54 jutaan (non-ABS) dan Rp 58 jutaan untuk yang ABS, rasanya SCR 250V bisa jadi pertimbangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com