Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Keeway SCR 250V, Cocok Jadi Scrambler Harian

Kompas.com - 31/07/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor dengan gaya scrambler memang bisa ditemui pada segmen motor gede. Cuma, Keeway kini punya jawabannya bagi yang cari scrambler paket ringkas, yakni dengan SCR 250V.

Motor yang diluncurkan pada GIIAS 2021 ini menjadi satu-satunya pilihan motor scrambler tulen di bawah 250cc. Pada tulisan kali ini, redaksi akan membahas soal tampilan dari Keeway SCR 250V.

Secara keseluruhan, desain SCR 250V cukup menarik perhatian. Berbeda dengan motor di kelas 250cc, Keeway menyediakan motor naked yang tampilannya seperti motor custom.

Baca juga: Impresi Jumpa Keeway XDV 250, Skutik Adventure yang Bongsor

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Pada bagian depan, terlihat bagian lampu yang bentuknya bulat, ditutup dengan pelindung yang terbuat dari besi. Lampu utamanya masih halogen, tapi dikelilingi dengan DRL LED.

Sebenarnya, pelindung lampu ini memberikan kesan scrambler yang siap dibawa bertualang. Cuma, sayang ada tempelan untuk pelat di depan, jadi terlihat kurang enak dilihat.

Lalu ke bagian samping, ada tangki yang ukurannya cukup besar, yakni 13 liter. Tangki tersebut ditempel stiker grafis dengan tulisan SCR di bagian samping, di atas catnya abu-abu.

Baca juga: Cerita Ban RFT Pecah di Jalan Tol, Mobil Masih Bisa Dipakai Jalan

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Bagian samping ini juga terlihat spesial, yakni mesinnya yang konfigurasi 250cc V-twin. Jadi terlihat garang dari samping, ada dua blok mesin yang disusun seperti huruf V.

Secara standar juga tampilan knalpot dari SCR 250V ini seperti sudah dimodifikasi. Ada dua pipa yang memanjang dari blok satu dan dua, ditarik ke depan dan diberi pelindung dari besi, menambah aksen scrambler yang siap dibawa bertualang.

Sisi depan mesin juga sebenarnya dipasang pelindung dari besi, masih satu tema secara keseluruhan motor. Bangku yang dipilih modelnya rata, tapi diberi aksen jahitan yang menambah kesan mewah.

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Kemudian masih di bagian samping ada bagian yang ditutup dengan bahan besi dan plastik. Pada bagian plastik tersebut, ditempel tulisan 250, menandakan kapasitas mesinnya dan tampilannya jadi seperti motor balap scrambler.

Masih dari samping, sekalian kita bahas soal kaki-kakinya. Pada bagian depan, suspensi yang digunakan model teleskopik dengan cover. Lalu di belakang, modelnya monoshock dengan setelan kekerasan.

Pada roda, ukuran di depan dan belakang berbeda. Pelek depan ukurannya 17 inci, sedangkan yang belakang 15 inci. Memakai model jari-jari agar tampilannya makin garang dari samping.

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Soal pengereman, SCR 250V sudah memakai cakram ganda dan sudah ABS dual-chanel. Jadi tidak usah diragukan lagi soal kemampuan berhentinya.

Lalu di belakang, lampunya dipasang di atas sepatbor, berbentuk lingkaran, terpisah antara lampu rem dan sein. Lalu ada pegangan juga di bagian belakang jok, bisa buat memindahkan motor atau pegangan penumpang.

Kalau beralih ke posisi berkendara, terdapat satu instrument cluster, kombinasi analog dan digital. Penunjuk RPM masih analog dengan jarum, sedangkan layar digital menampilkan kecepatan, indikator bensin, posisi gigi, dan odometer.

Secara tampilan, SCR 250V bisa jadi pertimbangan untuk orang yang cari motor scrambler yang ringkas. Sudah seperti motor custom, pembelinya nanti cuma tinggal sedikit saja memoles tampilannya agar semakin keren.

Soal harga, Keeway SCR 250V ini dibanderol Rp 58 jutaan untuk model dengan ABS. Sedangkan tersedia juga model tanpa ABS dengan harga lebih murah sekitar Rp 4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com