Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Keeway SCR 250V, Scrambler Ringkas V-twin

Kompas.com - 31/07/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway SCR 250V menawarkan pilihan menarik untuk motor dengan mesin 250cc. Bukan cuma desainnya yang ala scrambler, konfigurasi mesinnya terbilang di luar standar, yakni V-twin.

Biasanya, susunan mesin V-twin ditemukan pada motor gede (moge), di atas 300cc. Cuma Keeway, memakai konfigurasi tersebut pada motor ringkas yang ternyata nyaman juga untuk harian.

Secara tampilan, memang SCR 250V memberikan aura yang kuat akan motor scrambler custom. Bodinya sederhana, pelek jari-jari, ditambah beberapa komponen pelindung di lampu depan, mesin, dan knalpot.

Baca juga: Test Ride Singkat Keeway Benda V252C, Halus dan Nyaman

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Soal spesifikasi, mari kita bahas dari mesinnya dahulu yang menarik. SCR 250V dilengkapi mesin 249cc dua silinder V, bukan segaris, tapi dua blok mesin disusun seperti huruf V dengan pendingin udara.

Tenaga yang dihasilkan sebenarnya tidak terlalu besar, 16,7 Tk di 8.500 RPM dan torsi 17 Nm di 5.500 RPM. Kalau dibandingkan dengan motor 250cc lain, memang cukup mendekati spesifikasinya.

Mesin tersebut sudah injeksi, punya rasio kompresi 10:1. Tenaga dan torsi yang dihasilkan tadi dibawa ke roda belakang pakai rantai dengan transmisi lima percepatan.

Baca juga: Nekat, Ini yang Terjadi kalau Ban Mobil Digembok tapi Dipaksa Jalan

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway SCR 250V ABS

Soal dimensi, SCR 250V cukup ringkas, punya panjang 2.015mm, lebar 760mm, dan tinggi 1.050mm dan tinggi jok 720mm. Kurang lebih mirip dengan Honda CB150R StreetFire, tapi lebih lebar dan tinggi saja.

Beralih ke bagian kaki-kaki, SCR 250V dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock. Sedangkan di bagian pelek, ukurannya belang, depan 17 inci pakai ban 100/80 dan belakang 15 inci dengan ban 130/90.

Pada bagian pengereman, unit yang kami tes merupakan model dengan cakram ganda dan sudah ABS dual-chanel. Secara bobot, SCR 250V terbilang tidak terlalu berat, hanya 154 Kg, masih pas untuk harian.

Soal instrumen, SCR 250V memakai model kombinasi analog dan layar. Jarum analog dipakai untuk takometer, sedangkan layar menunjukan informasi kecepatan, posisi gigi, dan indikator bensin.

Pada bagian penerangan, lampu utama masih halogen tapi punya DRL LED. Sedangkan lampu rem sudah LED tapi sein di depan dan belakang masih bohlam biasa.

Keeway SCR 250V varian ABS dibanderol Rp 58 jutaan. Sedangkan yang non-ABS, harganya Rp 54 jutaan, lebih murah sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com