Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Jumpa Keeway XDV 250, Skutik Adventure yang Bongsor

Kompas.com - 28/07/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway merupakan merek yang dibawa Benelli Motor Indonesia dengan lini produk yang menarik. Mulai motor 250cc dengan konfigurasi mesin V-twin, sampai skutik retro.

Namun, saat redaksi main ke diler Benelli Motor Indonesia dan Keeway, ada satu skutik yang menarik perhatian dan ternyata belum diluncurkan. Modelnya seperti Honda ADV, tapi desainnya jauh lebih agresif dan ternyata itu adalah Keeway XDV 250.

Secara tampilan, depannya sangat agresif, dengan lampu depan yang terdiri dari empat proyektor. Lalu kelir pada motor ini yang merah ditambah adanya aksen hitam mengelilingi lampu depan, jadi makin garang saja.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Keeway dan Polytron di Akhir Jakarta Fair 2023

Keeway XDV 250KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway XDV 250

Kalau secara proporsi bodi dari samping, memang mirip dengan Honda ADV. Cuma, XDV 250 dari Keeway ini terlihat lebih agresif dengan permainan stiker dua warna merah dan abu-abu.

Pada bagian belakang, lampunya pun mirip dengan ADV, cuma mikanya smoked. Ditambah adanya sepatbor yang menggantung, membuat motor makin bergaya petualang.

Pada bagian instrument cluster, menggunakan layar LCD yang besar. Informasinya lengkap, mulai dari kecepatan, putaran mesin, jam, suhu mesin, suhu di luar, sampai indikator tekanan ban.

Baca juga: Perpanjangan SIM Digugat ke MK, Ini Penjelasan Polri

Keeway XDV 250KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway XDV 250

Sebenarnya, Keeway XDV 250 ini mirip dengan Wmoto XDV yang meluncur di Malaysia. Makanya, spesifikasi mesinnya kurang lebih sama dengan yang ada di negara tetangga.

Dikutip dari Paultan, XDV memakai mesin 249cc yang menghasilkan 24 TK dan torsi 23 Nm. Tenaga tadi disalurkan ke roda belakang memakai CVT.

Pada sektor pengereman, sudah memakai cakram ganda ditambah ABS dual-channel. Suspensi dari KYB, upside-down di depan dan shockbreaker ganda di belakang dengan setelan preload.

XDV 250 sudah keyless, modelnya pun seperti kunci mobil yang tebal. Pada bagian instrumen tadi, tombol yang ada di sisi kanan dan kiri ada lampunya, jadi terlihat jelas saat riding malam.

Pada bagasi, tersedia ruang sebesar 26 liter, cukup besar untuk skutik 250cc. Lalu, ada juga tempat penyimpanan di depan dan colokan USB serta power outlet 12 volt untuk megisi daya telepon genggam.

XDV 250 di Malaysia dibanderol 18.888 Ringgit atau setara Rp 62 jutaan. Mari kita tunggu kapan Keeway memasarkan skutik petualang tersebut di Indonesia, mungkin saja saat GIIAS nanti bisa hadir motornya di booth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com