Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Test Ride Singkat Keeway Benda V252C, Halus dan Nyaman

Kompas.com - 28/07/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway belum lama ini meluncurkan motor cruiser baru, yakni Benda V252C. Motor tersebut dipamerkan saat Jakarta Fair 2023 dan dibanderol Rp 73,8 juta.

Kebetulan saat redaksi berkunjung ke diler Benelli Motor Indonesia di Jalan Haji Samanhudi, Jakarta Pusat, kami ditawarkan untuk test ride motor baru tersebut. Kami pun mencobanya di sekitar Stasiun Juanda.

Secara posisi duduk, Benda V252C sangat rendah dan kaki ke depan, layaknya cruiser. Bukan itu saja, setang agak jauh ke depan dan lebar, memberikan rasa berkendara yang santai.

Baca juga: Benelli dan Keeway Lagi Survei Baterai untuk Motor Listrik Terbaru

Keeway Benda V252CKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Keeway Benda V252C

Saat mesin dinyalakan, muncul tampilan di bagian instrument cluster yang simpel modelnya. Bentuknya bulat, diisi berbagai informasi seperti takometer, speedometer, sampai posisi gigi dan sebagainya.

Benda V252C ini dilengkapi dengan mesin V-twin 250cc yang menghasilkan 25,4 TK di 9.000 RPM dan torsi 25 Nm di 5.500 RPM. Tenaga tadi disalurkan ke roda belakang dengan model belt atau sabuk.

Mesinnya halus, suara yang keluar dari knalpot pun tidak terlalu berisik, masih enak untuk perkotaan. Ketika gas kami putar, getarannya secara mengagetkan sangat halus, ini akan nyaman dipakai jarak jauh, terpikir oleh redaksi.

Baca juga: Video Viral Sopir Rush Sigap Menghindari Truk Gagal Menanjak


Masuk ke gigi satu, terasa solid, tidak ringkih. Pedal kopling perlahan dilepas dan motor pun melaju. Posisi berkendara santai ditambah mesin motor yang halus membuat nyaman saja dipakai jarak jauh.

Mungkin, berkat penggunaan belt sebagai penyalur tenaga, tidak ada suara lain selain dari knalpot. Saluran tenaga dari putaran gas jadi putaran roda pun sangat halus, tidak kasar atau seperti loncat-loncat.

Keeway Benda V252CKompas.com/Fathan Keeway Benda V252C

Memang, soal posisi berkendara tadi berefek ke manuver di kecepatan rendah. Kami sempat menemui antrean kendaraan di lampu merah, jadi tidak bisa lebih lincah selap-selip, pasrah saja tunggu giliran di sisi kiri jalan.

Secara singkat, Benda V252C sangat nyaman dipakai, mesin halus dan tidak berisik, cuma butuh diatur lagi cara berkendaranya. Soal banderol Rp 73 jutaan, rasanya sepadan, desainnya keren dan terasa solid atau kokoh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com