Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad Bikin Sistem Collision Warning buat Motor

Kompas.com - 04/08/2023, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad akan menyematkan Forward Collision Warning (FCW) pada motor barunya, yakni R 1300 GS. Fitur ini berperan untuk mencegah pengendara menabrak objek di depannya saat meleng.

Dikutip dari Motorcyclenews, sistem ini mengandalkan radar yang ada di depan. Memang seperti pada sistem Active Cruise Control (ACC) yang ada di R 1250 RT, cuma bedanya ini aktif saat pengendara saat ACC tidak diaktifkan.

Sistem FCW ini bekerja saat pertama memberikan peringatan pada rider dan ada juga untuk sedikit mengurangi laju motor. Selama motor di mode yang ABS aktif dan di kecepatan 30 Kpj sampai 160 Kpj maka FCW aktif.

Baca juga: BMW Bikin Smartglasses, Kacamata dengan Head-up Display

Sistem FCW di motor baru BMWmotorcyclenews.com Sistem FCW di motor baru BMW

Radar tadi membaca jalan di depan, mengawasi jarak motor dengan objek di depan. Kalau misalnya motor dirasa terlalu cepat, maka radar memberi simbol mobil merah di bagian atas instrument cluster, sebagai pre-warning.

Sistem juga memberikan seperti kejutan kecil dengan menggunakan ABS. Jadi pengendara kembali waspada, bisa konsentrasi melihat jalanan yang ada di depannya.

Kalau tidak digubris, maka ada peringatan lebih keras. Logo mobil merah jadi lebih besar, ditambah sistem yang mengoperasikan rem secara halus.

Baca juga: Bocor Penampakan Hyundai Stargazer X


Sistem di sini tidak sampai membuat motor berhenti, tapi cuma mengurangi kecepatannya. Jadi keputusan ingin mengerem atau menghindar, kembali lagi ada di tangan pengendara.

Lalu agar tidak ada peringatan yang salah, false warning, sistem ini juga membaca tingkat konsentrasi pengendara. Misal apakah sedang main menu di instrumen atau sedang meleng saja, tidak memainkan gas atau gigi.

Kalau misalnya merasa sistem FCW mengganggu, pengendara bisa menonaktifkannya. Jadi seperti motor normal saja, cuma tentu pengendara harus lebih konsentrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com