Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan BMW R 1300 GS Terbaru, Bocor Sebelum Rilis

Kompas.com - 23/06/2023, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad akan meluncurkan motor petualang andalannya yakni R 1300 GS pada 28 September 2023. Motornya pun sudah seliweran di jalan, tapi dengan kamuflase yang menutupi bodinya.

Tapi, bagi yang penasaran seperti apa BMW R 1300 GS terbaru, gambarnya sudah tersebar di internet. Contohnya seperti pada gambar yang diunggah Autocar India, memperlihatkan R 1300 GS dengan kelir hitam.

Kalau dilihat, R 1300 GS baru tampak lebih langsing daripada model sebelumnya. Bukan cuma ramping, tapi terlihat lebih halus tarikan garisnya namun tetap terlihat agresif.

Baca juga: Motor Petualang Baru BMW R 1300 GS Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

BMW R 1300 GS baruAUTOCAR INDIA BMW R 1300 GS baru

Pembaruan lainnya bisa dilihat pada sasisnya yang sekarang memakai aluminium alloy, berbeda dengan sebelumnya yang steel tube atau baja.

Ubahan lagi ada di sektor mesin, di mana R 1300 GS akan memakai mesin yang lebih besar dan berpendingin udara. Ukuran knalpotnya juga lebih kecil dan dipasang sedikit ke bawah, meningkatkan centre of gravity.

Kabarnya, R 1300 GS ini lebih ringan 12 Kg dari pendahulunya. Lalu, mesin baru tadi menghasilkan 145,5 TK, ada kenaikan dari 134 TK di model sebelumnya. BMW juga fokus ke sisi torsi, tidak mempermasalahkan tenaganya yang kalah dari pesaingnya.

Baca juga: Korlantas Sebut Ujian Praktik Zig-zag dan Angka 8 Bakal Direvisi


Secara desain, paling kontroversial adanya radar di bagian depan, di atas lampu utama. Artinya, di R 1300 GS bisa disematkan fitur seperti adaptive cruise control dan berbagai asisten pengendara lain.

Pada foto bocoran ini, R 1300 GS dilengkapi dengan pelek alloy, tapi nanti ada juga yang memakai model jari-jari. Bisa saja itu masuk ke varian lain atau jadi opsi.

Mari kita tunggu kehadiran motor petualang yang legendaris dari BMW ini meluncur. Detail spesifikasi nantinya akan hadir di September 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com