Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Utama Suzuki XL7 Hybrid, mulai Fitur sampai SHVS

Kompas.com - 11/07/2023, 14:25 WIB
Azwar Ferdian

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bermain di segmen yang banyak pesaing, membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) harus benar-benar menyiapkan XL7 Hybrid dengan maksimal. Suzuki XL7 Hybrid akhirnya meluncur dengan mengusung beberapa ubahan, sebagai poin plus dibanding kompetitor.

Kompas.com mendapat kesempatan buat menjajal secara maksimal kemampuan XL7 Hybrid, yang digelar PT SIS, di Yogyakarta, pekan lalu. Disediakan tipe tertinggi, yakni XL7 Hybrid tipe Alpha dengan tramsmisi otomatis (AT), dan warna baru Savanna Ivory.

Perjalanan dimulai dari diler Suzuki Laksda Sumber Baru, sebagai main dealer Suzuki di Yogyakarta, menuju Tebing Breksi di Prambanan, dengan jarak sekitar 14 km.

Eksterior

Sebelum memulai perjalanan, penguji coba memperhatikan detail eksterior pada XL7 Hybrid Alpha AT Savanna Ivory yang dibanderol seharga Rp 304,9 juta (OTR DKI Jakarta) ini.

Bila dilihat sekilas, tidak banyak ubahan berarti dibanding generasi sebelumnya. Minim aksen krom pada grille depan, lapisan krom hanya ada pada logo Suzuki. Headlamp sudah model LED dengan pencahayaan warna putih, ditambah fitur Guide Me Light.

Pengemudi juga sudah bisa menggunakan fitur auto head lamp, dimana lampu utama akan menyala otomatis bila dalam kondisi gelap.

Varian tertinggi XL7 Alpha Hybrid, punya pilihan warna bodi two tone, dengan banyak aksen hitam, seperti di bagian atap, grille depan dan velg. Ada juga emblem Alpha dan logo hybrid di bagian bodi belakang.

test drive Suzuki XL7 Hybrid di YogyakartaAzwar Ferdian/Kompas.com test drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta

Aksesoris bawaan yang terpasang antara lain skid plate dan roof rail, spion model auto retractable, dan antena di bagian atap depan yang lebih pendek. Pelek menggunakan ukuran 16 inci, dengan ban 195/60 R16.

Secara dimensi keseluruhan tidak berubah, panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.740 mm serta ground clearance 200 mm.

"Kami optimis dengan ubahan-ubahan pada Suzuki XL7 Hybrid bisa memberikan sesuatu yang lebih buat konsumen. Warna Savanna Ivory ini diusung sama dengan warna yang ada di Suzuki Jimny. Itu jadi kelebihan XL7 Hybrid," jelas Direktur Marketing PT SIS, Donny Saputra, kepada Kompas.com, di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Interior

Masuk ke interior Suzuki XL7 Hybrid. Ada banyak perubahan yang dibawa Suzuki pada bagian dalam XL7 Hybrid ini. Kombinasi warna abu-abu dan hitam terasa mendominasi, ada aksen woodpanel di bagian dashboard dan pintu, yang memberikan kesan mewah.

Jok bagian depan memakai model semi bucket dengan perpaduan bahan kulit dan fabric. Kombinasi bahan juga ada di jok baris kedua dan ketiga, dan jok di dua baris tersebut bisa dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas.

Pengaturan AC sudah model auto, head unit berukuran 8 inci yang punya kemampuan mirror link dengan ponsel pintar dengan memakai aplikasi CarbitLink.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com