Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Invicto, Kijang Innova Zenix Versi Suzuki Resmi Meluncur di India

Kompas.com - 07/07/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Maruti Suzuki resmi meluncurkan Invicto di India. Mobil yang bermain di segmen multi purpose vehicle (MPV) ini merupakan kembaran dari Toyota Kijang Innova Zenix, yang memang menjadi produk kolaborasi.

Karena itu, jangan heran bila melihat adanya kemiripan antara Zenix dan Invicto, baik dari sisi desain luar, interior, dan ragam kelengkapan yang ditawarkan.

Bila melihat sekilas, mungkin pada sisi visual perbedaan yang mencolok hanya pada bagian gril, pelek, serta bumper yang secara tampilan dibuat sentuhan khas Suzuki dengan kemasan yang sedikit mirip Grand Vitara.

Masuk ke bagian interior, Suzuki juga menarakan Invicto dalam varian hybrid juga memiliki panoramic sunroof, layout dasbor yang serupa, jok yang terlapis sintetis dengan ventilasi, cluster instrumen TFT 7 inci, sampai pengaturan elektrik pada jok pengendara.

Baca juga: Saat Toyota Kijang Lawas Menolak Tua dengan Gaya Kartun

Hisashi Takeuchi, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited mengatakan, hadirnya Invicto menjadi portofolio baru bagi Nexa dan Maruti Suzuki sebagai sebuah merek.

Invicto, Kijang Innova Zenix Versi Suzuki Resmi Meluncur di Indiamarutisuzuki.com Invicto, Kijang Innova Zenix Versi Suzuki Resmi Meluncur di India

"Dengan karakternya yang mirip SUV, Invicto baru kami memberikan kombinasi desain premium, kemasan yang cerdas, serta fitur keselamatan, dan inovasi yang berlimpah. Dengan intelligent electric hybrid system, mobil ini akan memajukan visi MSIL untuk dunia yang lebih bersih, lebih hijau, berkelanjutan, dan netral karbon," ucap Takeuchi dilansir dari marutisuzuki.com, Senin (6/7/2023).

Bicara soal tenaga, apa yang dimiliki MPV hybrid Suzuki ini tak berbeda dengan Zenix yang dijual di Tanah Air. Mesin yang digunakan memiliki kapasitas 2.000 cc yang pastinya punya kota M20A-FXS empat silinder segaris lengkap dengan motor listrik.

Dari data di atas kertas, tenaga gabungan dari motor listrik dan mesin tersebut mampu menyuplai hingga 186 Ps dalam sistem, atau sekitar 183,3 Tk dan torsi 205 Nm yang dikirim ke penggerak roda depan melalui transmisi e-CVT.

Baca juga: Pasang Standar Keamanan Baru, Laksana Bus Jalani Tes Tabrak Depan

Tak hanya itu, Suzuki Invicto juga dilengkapi dengan beberapa mode berkendara, yakni EV, Normal, Eco, dan Power. Sementara untuk klaim efisiensi bahan bakarnya mencapai 23,24 kilometer per liter (kpl), atau 1 liter yang digunakan mampu membawa kembaran Zenix ini hingga 23,24 km.

Suzuki Invicto, kembaran Kijang Innova Zenix meluncur di Indiamarutisuzuki.com Suzuki Invicto, kembaran Kijang Innova Zenix meluncur di India

Terkait perangkat keselamatan juga tak berbeda dari Zenix hybrid yang sudah mengaplikasi ADAS atau beken dengan sebutan Toyota Safety Sense (TSS). Suzuki menawarkan Invictp dalam tiga varian, yakni Zeta+ 7 penumpang, Zeta+ delapan penumpang, dan Alpha+ tujuh penumpang.

Harganya bila dicairkan dalam rupiah mencapai sekitar Rp 450 jutaan hingga Rp 520 jutaan. Selain itu, Suzuki juga memberikan garansi baterai hingga 8 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com