Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Energi Baru" Suzuki XL7 Hybrid

Kompas.com - 07/07/2023, 07:31 WIB
Azwar Ferdian

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berjarak satu tahun dari peluncuran perdana Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diberikan pada Ertiga, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melanjutkan pemakaian teknologi SHVS pada model terbarunya, XL7.

SIS resmi meluncurkan XL7 Hybrid pada pertengahan Juni lalu, dengan mengusung beberapa perubahan.

SHVS memang menjadi menu utama XL7, namun Suzuki juga memberikan formula baru dalam bentuk fitur yang beragam pada LSUV 7-seater ini. Formula tersebut tertuang dalam bentuk fitur yang beragam, kombinasi warna, harga yang menarik dan juga layanan purna jual.

"SHVS adalah langkah penting Suzuki menyambut era elektrifikasi. Mild hybrid ini menjadi jembatan Suzuki buat melangkah ke teknologi strong hybrid atau kendaraan listrik sepenuhnya," jelas Direktur Marketing PT SIS, Donny Saputra, di Yogyakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: Tanpa Efek Bulan Madu, Suzuki XL7 Hybrid Masih Bisa Laris

Membahas SHVS yang tertanam di XL7, tidak jauh berbeda dengan milik Ertiga. Mesin K15B dipadukan SHVS guna mendapatkan mobil yang lebih ramah lingkungan dan efisien bahan bakar.

SHVS meliputi dua komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery. Dua komponen itu bisa meringankan kinerja mesin 1.462cc, bertenaga 104,7 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 138 Nm pada 4.400 RPM.

test drive Suzuki XL7 Hybrid di YogyakartaAzwar Ferdian/Kompas.com test drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta

Perangkat teknologi tersebut memberikan fungsi engine auto start-stop, serta memberikan tambahan tenaga saat mobil sedang melakukan akselerasi. XL7 Hybrid tersedia dalam pilihan manual (MT) 5-percepatan dan otomatis (AT) 4-percepatan.

Secara desain, ada beberapa perubahan pada sisi eksterior, antara lain seperti new front grill dengan sentuhan black color dan new black wheel. Tailgate garnish chrome, short pole antenna, hybrid emblem dan warna baru dual tone. Serta new autolight with guide me light dan new auto retractable mirror.

Di dalam interior terpasang new E-mirror touchscreen, ini adalah kaca spion tengah model kamera, dengan kemampuan merekam bagian depan dan belakang mobil. Ada head unit berukuran 8 inci, dan sudah bisa mirror link dengan ponsel pintar memakai aplikasi CarbitLink.

Fitur new E-Mirror touchscreen pada Suzuki XL7 Hybrid.Azwar Ferdian/Kompas.com Fitur new E-Mirror touchscreen pada Suzuki XL7 Hybrid.

Lingkar kemudi berbahan soft touch senada dengan trim di dashboard yang berpadu dengan aksen wood panel. Jok depan dengan model semi bucket kombinasi kulit dan fabric, dan pengaturan AC sudah otomatis.

Buat pengemudi ada pilihan fitur cruise control yang berguna untuk menjaga kecepatan mobil tanpa harus menginjak pedal gas. Serta new hill hold control buat mengamankan posisi mobil agar tidak mundur saat berhenti di jalan menanjak.

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid Sudah Bisa Minum Bioetanol

Ada pilihan warna baru pada XL7 Hybrid varian Alpha yaitu New Savanna Ivory – Black dan Snow White Pearl – Black, melengkapi pilihan warna sebelumnya Sunrise Orange - Black dan Cool Black. Pada varian Beta dan Zeta terdapat 4 pilihan warna yaitu Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black.

New XL7 Hybrid ditawarkan kepada masyarakat Indonesia dengan harga mulai Rp Rp 256.100.000 buat varian Zeta MT dan Rp 304.900.000 buat varian Alpha AT, sebagai model tertinggi

Suzuki Indomobil Sales memberikan layanan purna jual dengan garansi resmi baterai Lithium-ion selama 8 tahun atau 160.000 km (mana yang lebih dulu).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com