Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki XL7 Hybrid Sudah Bisa Minum Bioetanol

Kompas.com - 06/07/2023, 12:26 WIB
Azwar Ferdian

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan XL7 Hybrid pada pertengahan Juni lalu. Berdekatan dengan meluncurnya XL7 Hybrid, Pertamina akan mulai menjual bahan bakar jenis baru yakni campuran Pertamax dengan bahan bakar nabati jenis etanol 5 persen alias Bioetanol.

Suzuki mengklaim, SUV terbarunya itu XL7 yang sudah menggunakan teknologi mild hybrid itu sudah bisa menenggak Bioetanol. Bahkan dikatakan Direktur Marketing PT SIS, Donny Saputra, XL7 Hybrid bisa memakai Bioetanol E10.

"Semua mobil Suzuki sudah bisa menggunakan Bioetanol yang akan mulai dipasarkan Pertamina, kami juga sudah menuliskan itu di buku panduan XL7 Hybrid, yang menjelaskan bahwa XL7 Hybrid aman minum Bioetanol," jelas Donny Saputra pada acara media test drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: Tanpa Efek Bulan Madu, Suzuki XL7 Hybrid Masih Bisa Laris

Donny melanjutkan, tidak hanya XL7 Hybrid yang bisa memakai Bioetanol, tapi semua model Suzuki yang dijual di Indonesia juga bisa pakai Bioetanol.

Ilustrasi mobil dengan bahan bakar bioetanolDok. Auto.hindustantimes.com Ilustrasi mobil dengan bahan bakar bioetanol

"Basisnya, Suzuki mengimpor mobil yang salah satunya ke wilayah Amerika Selatan. Di sana memakai etanol sebagai bahan bakar. Jadi tidak ada masalah sama sekali, bahkan kami bisa mengatakan, emisi gas buang kendaraan akan lebih bersih bisa menggunakan etanol," jelas Donny lagi.

XL7 Hybrid sendiri menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.5L, yang dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Ada dua komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com