Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Kursi Tambahan untuk Anak di Bagian Depan Motor, Bahaya

Kompas.com - 07/07/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, seringkali dijumpai situasi pengendara motor skutik yang membawa anak dengan aksesori tambahan berupa kursi kecil.

Kursi itu diselipkan di area footstep dan biasanya dijadikan dudukan bagi anak berusia balita. Mengulik dari segi keselamatan berkendara, sikap ini sangat tidak dianjurkan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) menjelaskan, saat berkendara motor, posisi terbaik bagi penumpang adalah di belakang pengendara.

“Ini kekeliruan yang sering terjadi juga, harusnya penumpang (motor) duduk di belakang, bukan di depan. Apalagi dikasih kursi tambahan,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Minat Beli Mobil Bekas, Jangan Abaikan Soal Garansinya

Bahaya anak kecil duduk di kursi rotan motorTangkapan layar YouTube @AiniandFamily Bahaya anak kecil duduk di kursi rotan motor

Beberapa resiko yang bisa terjadi jika menggunakan bangku tambahan di footrest motor, salah satunya yaitu berkurangnya kemampuan bermanuver si pengendara.

“Akibatnya stabilitas berkendara menurun juga. Hal itu bisa memperbesar risiko kecelakaan karena terjatuh,” kata Marcell.

Dia menegaskan, faktor kenyamanan yang bisa dirasakan oleh penumpang motor tidak boleh sampai menghilangkan sisi keamanan dan keselamatan.

Posisi duduk paling aman yang sebaiknya diterapkan oleh orang tua ketika membonceng anak adalah duduk di belakang dengan posisi tangan merangkul pengemudi.

Baca juga: Xiaomi Bakal Luncurkan Mobil Listrik Tahun Depan, Simak Bocorannya

Berkendara motor aman dengan anak kecil, gunakan strap-on child harnessTangkapan layar YouTube @MarkMotoVlog Berkendara motor aman dengan anak kecil, gunakan strap-on child harness

Akan tetapi, bagi anak balita yang masih kecil dan belum bisa duduk dan merangkul dari jok belakang, Marcell menyarankan pengemudi menggunakan strap-on untuk mengikat anak.

“Langkah ini jauh lebih safety juga ketimbang pakai kursi tambahan di bagian depan motor,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com