Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibeli Mahendra Transport, Bus Bekas PO Sembodo Langsung Bersolek

Kompas.com - 07/07/2023, 14:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Mahendra Transport Indonesia (MTI), resmi meramaikan layanan transportasi darat Antarakota Antarprovinsi (AKAP) di Tanah Air.

Sebagai informasi, saat ini PO Mahendra Transport sudah punya empat unit bus yang semuanya merupakan kendaraan bekas PO Sembodo dan telah dirancang ulang.

Ubahan tersebut meliputi berbagai sektor, dari bagian eksterior bus yang kini menggunakan kelir hitam livery kuning emas dan logo wayang. Tampang bus juga kian atraktif dengan garis abu-abu dan putih.

Baca juga: Honda Persilahkan Marquez Jika Mau Hengkang

Sementara untuk ubahan interior dilakukan pada kursi penumpang. Bila sebelumnya menggunakan kursi mewah model sofa dengan ukuran yang agak besar dan dilengkapi layar AVOD,  Kini menggunakan kursi model legrest dengan dimesni kelas eksekutif yang membuat jumlah kapasitasnya bertambah. 

Tidak hanya interior dan eksterior saja, Moko Marquez, salah satu sopir bus dari PO Mahendra Transport mengatakan, setingan mesin bus juga diubah untuk menambah sisi keselamatan bus.

Bus PO Mahendra Transport Indonesia (MTI)Instagram @rianmahendra83 Bus PO Mahendra Transport Indonesia (MTI)

“Karena ini bus bekas, maka setingan mesinnya diatur ulang agar lebih aman di medan tempur yang baru. Sebelumnya itu bus ini dipakai untuk melintasi jalan di Sumatera, sekarang bus hanya berjalan di Pulau Jawa saja, jadi ada setingan mesin yang kita ubah sedikit tapi saya tidak bisa kasih detailnya lebih jauh,” kata Marquez kepada Kompas.com di pool bus Pasar Sayur Cipulir, Rabu (6/7/2023).

Baca juga: Pilihan City Car Juli 2023, Siapa yang Paling Murah?

Untuk setingan mesin yang dilakukan menyesuaikan keinginan dan kenyamanan dari sopir. Selain itu bagian kaki-kaki juga mendapat rombakan yang diklaim lebih tangguh kendati unit bekas. 

Menurut Marquez, bus tersebut bekas PO lain namun masih sangat bagus apalagi pakai sasis Mercedes Benz yang mana jadi kesukaan banyak sopir bus AKAP.

Bus milik PO Mahendra Transport IndonesiaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus milik PO Mahendra Transport Indonesia

"Jadi walaupun bukan baru, sebenarnya sama saja seperti bus pada umumnya, apalagi telah dilakukan ubahan dan perawatan yang membuat bus jadi seperti baru lagi,” kata Marquez.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com