Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Bakal Luncurkan Mobil Listrik Tahun Depan, Simak Bocorannya

Kompas.com - 07/07/2023, 14:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi menyatakan diri akan bergabung ke industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Komitmen tersebut telah dinyatakan perseroan sejak Maret 2021.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya perusahaan menemukan rekanan sejalan yaitu Fuwei Automotive Parts (FAW) yang akan menjadi pemasok komponen untuk mobil Xiaomi.

Dilansir Gizchina pada Jumat (7/7/2023), FAW mengumumkan mobil dimaksud akan diberi kode nama Modena. Rencananya, kendaraan bakal dirilis di tahun depan.

Baca juga: Honda Persilakan Marquez Jika Mau Hengkang

Mobil listrik Xiaomi rencananya akan diproduksi pada 2024Dok. Carscoops.com Mobil listrik Xiaomi rencananya akan diproduksi pada 2024

Kabar ini sejalan dengan jadwal resmi perusahaan, yang mana model pertama Xiaomi Car diharapkan bisa memasuki produksi massal pada paruh pertama 2024 mendatang.

Meski harganya diklaim sudah ada, FAW belum mau memberikan keterangan lebih lanjut tentang banderol pasti mobil tersebut. Namun menurut bocoran beredar, mobil akan jual 20.700 dolar AS atau setara dengan Rp 312 juta.

CEO Xiaomi Lei Jun dalam kesempatan terpisah menyatakan, mobil listrik itu akan dirilis dalam model sedan atau Sport Utility Vehicle (SUV). Guna dapat menjangkau seluruh konsumen, akan ada dua tahap yang dilakukan.

Selain itu, Xiaomi juga masih mengembangkan mobil produksi massal kedua yang secara internal diberi kode Lemans Le Mans. Rencananya, produk itu akan diluncurkan pada 2025 mendatang.

Baca juga: Pakar Sebut SIM Memang Harus Dipantau dan Diperpanjang

Hanya saja sampai saat ini, perseroan belum mau mengungkapkan lebih jauh soal proyek kendaraan bermotor listrik-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com