Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Beli Mobil Bekas, Jangan Abaikan soal Garansinya

Kompas.com - 07/07/2023, 14:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com-  Membeli mobil bekas masih menjadi alternatif kebanyakan orang, terutama bagi yang memiliki dana terbatas.

Namun ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Paling utama jangan cepat tergiur iming-iming harga lebih murah alias miring, pastikan kondisi kendaraan benar-benar prima.

Jeffrey Andika, Founder dan CEO Otospector mengatakan, ada baiknya konsumen melakukan test drive singkat sebelum memutuskan melakukan transaksi pembelian mobil bekas.

"Lakukan test drive untuk pengecekan performa, handling, ragam fitur hingga ergonomikanya. Perhatikan juga soal garansi, karena mobil yang dijamin garansi tentu akan lebih aman, nyaman, dan tenang," ujar Jeffrey dalam keterangan resminya, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Bekas Taksi, Tahun Muda Harga Terjangkau

Menurut Jeffrey, fungsi dari garansi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan pemakaian serta untuk menanggung biaya perbaikan. Hal ini sangat penting dalam membeli mobil bekas lantaran tidak ada kepastian soal riwayat pemakaian sebelumnya.

Untuk memberikan kemudahan dan jaminan mobil bekas berkualitas, Otospector baru-baru ini menjalin kolaborasi dengan BFI Finance yang merupakan jasa pembiayaan untuk pembelian mobil bekas secara kredit.

Inspeksi mesin mobil bekasOtospector Inspeksi mesin mobil bekas

Kolaborasi keduanya sama-sama memberikan penawaran terbaik, yakni setiap pembelian mobil bekas via pembiayaan BFI akan mendapat garansi mesin selama 1 tahun dari Otospector.

Menurut Head of Dealer Financing Car, PT BFI Finance Indonesia Tbk, Nana Indrayana, produk pembiayaan ini disediakan dengan jangka waktu antara satu sampai lima tahun dengan suku bunga tetap.

"Pembiayaan fasilitas kredit mobil bekas melalui BFI Finance sudah bundling langsung dengan paket garansi Otospector, sehingga memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam membeli unit dari showroom rekanan BFI Finance," kata Nana.

Bagi konsumen yang ingin menikmati program dari BFI dan Otospector, caranya cukup dengan membeli mobil bekas yang diinginkan dari jaringan rekanan, setelah itu akan ada proses informasi kepada BFI Finance untuk fasilitas pembiayaannya.

Baca juga: Pertarungan Sienta dan Freed di Bursa Mobkas, Mana Lebih Laris?

Nana menjelaskan, pihaknya akan langsung melakukan komunikasi ke konsumen untuk dilakukan proses lebih lanjut. Persetujuan kredit bisa diberikan maksimal 1x24 jam dengan catatan semua data yang dibutuhkan sudah lengkap.

Inspeksi pembelian mobil bekasOtospector Inspeksi pembelian mobil bekas

"Untuk tiap mobil bekas yang dibeli menggunakan pembiayaan BFI Finance, kami jamin dengan garansi Otospector selama 1 tahun yang memberikan perlindungan berupa jaminan biaya perbaikan mesin dan transmisi saat kendaraan mengalami kerusakan," ujar Jeffrey.

Tak hanya itu, konsumen yang membeli mobil bekas dengan garansi 1 tahun bisa menikmati layanan gratis Darurat 24 jam dari Otospector selama masa garansi aktif dengan pemakaian tidak terbatas.

Layanan darurat 24 jam ini telah tersedia di seluruh Indonesia dan didukung call center 24 jam penuh, yang meliputi derek, penggantian ban, jumper aki, pengantaran bensin 5 liter, hingga buka kunci mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com