Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mio Bermesin 2 Tak, Kanibal Kawasaki Ninja 150 Super Kips

Kompas.com - 07/07/2023, 14:12 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – M. Yusuf Adib Mustofa, alias Yusuf Psychoengine merupakan salah satu builder ternama di dunia motor custom.

Setelah terkenal dengan Tiger bermesin pesawat, baru-baru ini Yusuf kembali menggebrak dengan merilis Mio 2 tak.

Modifikator yang bermarkas di Banyumas, Jawa Tengah, ini mengaku sudah menggarap Mio 2 tak sejak 3 tahun lalu. Namun unggahannya baru viral setelah diunggah di akun Instagram @psychoengine pada Juni 2023.

Pada dasarnya, motor ini merupakan Yamaha Mio Smile, model penyegaran dari Mio Sporty yang diproduksi sekitar 2008-2013.

Baca juga: DPR Ingin Pembuatan SIM Tanpa Perpanjangan karena Jadi Ladang Cari Duit

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Psychoengine Indonesia (@psychoengine)

Dari luar, motor ini masih identik dengan Mio pada umumnya. Namun jika diperhatikan, bentuk knalpot sangat berbeda dengan model standar.

Tak hanya itu saja, ubahan juga terlihat di bagian dek depan yang mana terdapat sistem pendinginan atau radiator. Hal jelas berbeda dari versi pabrikan.

Sementara lingkar roda diganti pelek jari-jari ukuran 17 inci, baik di depan dan bagian belakang. Untuk sokbreker diganti keluaran aftermarket.

Baca juga: Mau Beli Motuba, Pemula Sebaiknya Pilih Kijang Kapsul LGX 2004

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Psychoengine Indonesia (@psychoengine)

Yusuf mengatakan, ubahan utama dari motor ini datang dari sektor mesin yang dikolaborasi menggunakan komponen dari Kawasaki Ninja 150.

Otomatis hal ini membuat struktur mesin bawaan pabrikan berubah total dengan tenaga mencapai 150 cc lengkap dengan fitur pendingin cairan.

“Bukan swap engine, kalau swap kan tinggal diganti mesin. Kalau ini kan mesinnya tetap Mio, cuma power-nya kita bikin ulang, kita bikin 2 tak,” ujar Yusuf, kepada Kompas.com (7/7/2023).

Menurutnya, ubahan mesin menggunakan komponen Ninja Super Kips. Namun demikian, fitur Super Kips tersebut justru dimatikan.

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid Sudah Bisa Minum Bioetanol

Modifikasi Yamaha Mio 2 tak garapan PsychoengineDok. Instagram @psychoengine Modifikasi Yamaha Mio 2 tak garapan Psychoengine

“Komponen dari Ninja yang jelas kruk as, cuma yang sebelah kiri kita custom sesuai Mio. Terus silinder dan head-nya pakai Ninja Super Kips, membran pakai Ninja, karbu pakai Ninja,” ucap Yusuf.

“Pengapian pakai Satria 2 tak. Knalpot kita custom bikin ulang. Kalau soal roller itu kita pakai 6 gram, belakangnya per standar cuma diganjal alumunium 5 mm,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com