Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manager Ducati Tak Percaya Honda Bakal Tinggalkan MotoGP

Kompas.com - 06/07/2023, 17:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Promotor MotoGP, Dorna Sports berencana untuk memberikan status konsesi pada Honda dan Yamaha. Tujuannya agar dua pabrikan Jepang yang sedang terpuruk itu bisa kembali kompetitif.

Manajer tim Ducati, Davide Tardozzi mengatakan pihaknya mendukung langkah apapun yang membuat MotoGP lebih baik. Namun agar konsensi tersebut juga dibuat seadil mungkin untuk pabrikan lain.

Baca juga: Mercedes-Benz Luncurkan Coupe CLE, Pengganti C-Class dan E-Class

Davide Tardozzi, manajer tim Lenovo Ducati.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Davide Tardozzi, manajer tim Lenovo Ducati. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Tardozzi mengungkapkan bahwa dia tidak percaya jika keterpurukan Honda saat ini membuat merek asal Jepang tersebut berniat meninggalkan MotoGP.

“Ini akan memperjelas bahwa orang Jepang lemah. Ducati, setelah tahun-tahun yang kita bicarakan sebelumnya, seharusnya mundur , tapi malah justru menenangkan diri dan mengangkat kepalanya. Menurut saya itu harus menjadi penyemangat," kata Tardozzi dilansir dari Motorsport, Kamis (6/7/2023).

"Jika Anda (Honda) punya nyali, Anda bekerja dan mencoba untuk kembali ke depan, jika tidak, Anda melarikan diri. Jadi, menurut saya , mereka tidak akan pensiun. Saya rasa mereka tidak akan mengambil langkah itu," kata dia.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Oli Motuba Lebih Cepat Habis?

Marc Marquez (kedua dari kiri) dan Joan Mir (kedua dari kanan) berpose dalam acara peluncuran motor Honda RC213V untuk MotoGP musim 2023 yang digelar di Repsol Campus, Madrid, Spanyol, pada Rabu (22/2/2023).AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez (kedua dari kiri) dan Joan Mir (kedua dari kanan) berpose dalam acara peluncuran motor Honda RC213V untuk MotoGP musim 2023 yang digelar di Repsol Campus, Madrid, Spanyol, pada Rabu (22/2/2023).

Untuk diketahui, musim ini format balapan berubah dengan adanya sprint race. Sehingga, waktu untuk sesi latihan menjadi berkurang. Format ini dinilai menyulitkan tim untuk mengembangkan motor.

Saat ini, Ducati mendominasi MotoGP dan terkadang ada KTM serta Aprilia di barisan depan. Tapi sangat jarang terlihat Honda dan Yamaha bersaing untuk podium.

Hal yang ditakutkan adalah kedua pabrikan tersebut mengikuti langkah Suzuki, yakni keluar dari MotoGP. Sehingga, keluarlah wacana untuk memberikan status konsesi pada Honda dan Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com