Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 06/07/2023, 13:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal eksterior, interior antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, kini saatnya tim redaksi membahas soal fitur yang ada pada kedua mobil ini.

Sebagai informasi, kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin dengan kapasitas 1.200 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 86,7 tk dan torsi 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT untuk varian matiknya.

Lantas, jika bicara soal fitur, kira-kira mana yang lebih lengkap?

Baca juga: Penyebab Bau dari Luar Kabin Mobil Masuk ke Dalam

Kita awali dengan yang dimiliki oleh Toyota Agya. LCGC dari Toyota ini mengusung teknologi yang mampu menunjang kenyamanan dan kemudahan bagi pengemudi.

Agya anyar untuk tipe G CVT yang redaksi coba, sudah dibekali dengan head unit 7 inci yang sudah terintegrasi dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN dan USB.

Interior Toyota AgyaKompas.com Interior Toyota Agya

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan tilt steering, yang sudah dilengkapi dengan audio steering switch, paddle shift, serta headrest yang terpisah untuk jok depan dan belakang.

Electric Mirror juga sudah menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Sementara untuk Daihatsu Ayla tipe 1.2 R CVT ADS, dibekali dengan head unit 7 inci yang sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Android Auto, Apple CarPlay, serta E-latch backdoor yang memudahkan ketika membuka dan menutup bagasi.

Sayangnya, Ayla belum dibekali audio steering switch dan masih dibekali jok model ‘pocong’, alias headrest masih menyatu dengan jok.

Meski begitu, keduanya sudah dibekali dengan digital AC dan push start stop button.

All New Dihatsu AylaKompas.com/Nanda All New Dihatsu Ayla

Kedua mobil kembar ini juga mendapat peningkatan pada fitur keselamatan. Toyota Agya mendapat tambahan diameter tromol rem belakang untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Ada juga Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, lengkap dengan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sebagai standar.

Selanjutnya untuk Ayla, dibekali dengan Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu.

Baca juga: Bahaya Vapor Lock Saat Mobil Menghadapi Turunan Panjang

Ada juga Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama melaju. Sistem pengereman mobil ini juga semakin baik berkat fitur Anti Lock Brake System (ABS), dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) yang berfungsi memaksimalkan performa pengereman kendaraan.

Memang tidak banyak fitur yang disematkan, mengingat keduanya menyandang status LCGC. Agya sedikit lebih unggul berkat fitur audio steering switch dan paddle shift, sementara Ayla dibekali head unit yang sudah bisa terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com