Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Fitur Mazda MX-5 Manual di Jalur Perkotaan

Kompas.com - 06/07/2023, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menambah sensasi berkendara, Mazda MX-5 RF bertransmisi manual yang dikenalkan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) di GIIAS 2022 disematkan sejumlah teknologi dan fitur canggih.

Secara umum, memang spesifikasinya tidak berbeda signifikan dengan varian otomatik. Mobil masih memiliki fitur pengereman lengkap mencangkup ABS, EBD, dan BA, sampai kontrol stabilitas kendaraan (VSC).

Namun, seiring disematkannya transmisi 6-percepatan, ada penyesuaian pada sektor girbox dan suspensinya. Sehingga sangat menunjang agresivitas sesuai keinginan pengemudi.

Baca juga: Jajal Berkendara MX-5 RF Manual di Jalur Perkotaan

Mazda MX-5 RF MTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mazda MX-5 RF MT

Memang secara respons, belum bisa disebut yang terbaik untuk jajaran mobil sporty. Tetapi transmisi itu mampu membuat mesin SKYACTIV-G 2.L pada MX-5 berkerja optimal untuk mengeluarkan daya 184 ps dan torsi 205 Nm.

Saat pengetesan, redaksi pun tak butuh penyesuaian lama untuk bisa menjadi 'satu' dengan mobil. Perpindahan transmisinya begitu responsif dan nurut apa yang dibutuhkan pengemudi untuk melintas.

Apalagi MX-5 RF manual ini juga punya fitur keselamatan i-Activesense, yang mana teknologi seperti Adaptive LED Headlamp (ALH), Lane Departure Warning System (LDWS), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) sudah bisa diakses.

Baca juga: Hitung Pajak Tahunan Mobil Listrik Toyota bZ4X

Mazda MX-5 transmisi manualKompas.com/Nanda Mazda MX-5 transmisi manual

Adapun fitur kenyamanan lainya seperti Wireless Smartphone Integration yang memudahkan pengecasan ponsel nirkabel.

Mazda MX-5 Miata RF mempunyai fitur khusus di mana atap model Retractable Fastback (RF), dapat dilipat secara elektrik, bahkan ketika sedang berkendara dengan kecepatan dibawah 10 kpj.

Lengkap dengan Posture Stabilizing Control yang merupakan evolusi dari teknologi G-Vectoring Control Mazda, pengalaman berkendara bersama Mazda MX-5 terasa lebih stabil di jalanan yang berliku.

Dengannya, sensasi mengemudi MX-5 di jalur perkotaan benar-benar terasa nyaman dan aman. Terkhusus ketika pengemudi membejek gas, mobil tidak terasa limbung walau kecil.

Baca juga: Ini Cara Membedakan Pelat Nomor Palsu dan Asli

Interior Mazda MX-5 RF ManualKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Mazda MX-5 RF Manual

Putaran tubuh mobil juga terasa nurut dengan perintah dari setir kemudi dengan stabil. Soal pengereman, jangan diragukan lagi karena sangat optimal.

Maka, untuk digunakan di jalur perkotaan fitur yang tersemat pada MX-5 RF manual sudah sangat mumpuni. Hanya saja apabila berbicara kenyamanan berkendara untuk waktu yang lama, soal lain karena tidak semua orang bisa klop dengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com