Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Yaris Bakpao Lawas Bergaya Stance Pakai Roofbox

Kompas.com - 06/07/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Yaris generasi pertama atau yang dikenal dengan julukan Yaris bakpao meluncur pada tahun 2006.

Meski usianya sudah cukup tua, namun masih banyak pemilik yang mempertahankan Yaris bakpao karena punya desain bodi yang unik. Bahkan, agar tampilannya tetap segar dan modern, tak sedikit dari pemilik yang melakukan modifikasi pada mobil ini.

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Muhammad Rezha Pahlevi. Pria yang akrab disapa Rezha ini sengaja membeli Toyota Yaris lansiran 2006 untuk modifikasi.

Baca juga: Alasan Anak di Bawah Umur Jangan Diberi Izin Bawa Motor, Bisa Celaka

“Awal beli di tahun 2022 tepatnya di bulan April. Yaris ini basic-nya tahun 2006 dengan tipe terendah yaitu tipe E. Jujur membeli mobil ini memang untuk modifikasi sekaligus dipakai daily,” ucap Reza, kepada Kompas.com, Rabu (5/6/2023).

Mengusung konsep stance, pria berusia 27 tahun ini melakukan ubahan pada mobilnya mulai dari sektor eksterior, interior hingga kaki-kaki.

“Konsep dari awal yaitu aliran stance. Kenapa? Karena stance itu gaya modifikasi yang berfokus pada fitment dan menurut saya di situ seninya. Hal yang paling dilihat pertama yaitu pasti ganti pelek terlebih dahulu, lalu kemudian setelah itu ke bagian kaki-kaki lainnya seperti custom per agar bisa menyesuaikan fitment pelek tersebut dengan bodi,” ucap Rezha.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by reza pahlevi (@mrprezaa)

“Kemudian setelah sekian lama dengan custom per akhirnya saya memakai coilover supaya bisa menyesuaikan kembali fitment-nya, dan terakhir untuk dari segi kenyamanan akhirnya saya memutuskan untuk memasang air suspension 2 titik,” lanjutnya.

Pada bagian eksterior, pria asal Bekasi ini menyematkan bodykit custom sehingga membuat tampilan Yaris bakpao terlihat lebih agresif. Ditambah headlamp custom biled projector 2.5 inci wst Gen 2 dan penambahan alis drl crystal welcome light dari @ifs_autolight.

Untuk lampu sein menggunakan mode running, dan pengecatan black housing di bagian reflektor serta candy orange di bagian reflektor sein.

Pada bagian kaki-kaki, Rezha membekali mobil kesayangannya dengan pelek Jf Luxury ring 17, dibalut ban Accelera dengan profil 205/45, sederhana namun cukup menarik. Yaris bakpao milik Rezha juga terlihat lebih ceper berkat penggunaan air suspensi dua titik dari @airpullsuspension.

Modifikasi Toyota Yaris instagram.com/aey.pict Modifikasi Toyota Yaris

Paling ketara adalah penggunaan roof box dari Whale tipe kambera 650 L black glossy serta crossbar merk Whale pada bagian atap. Ini berguna untuk mengakomodasi barang tambahan, mengingat bagasi Yaris bakpao yang cukup terbatas.

Sementara di bagian interior, Rezha mengubah jok menggunakan bahan microfiber dari produk Lederlux yaitu Euroleder serat Nappa berwarna cokelat dari @dude_jok_car_interior. Ia juga turut menyematkan audio 3way dari Venom untuk menambah kenyamanan saat berkendara.

Rezha pun turut membagikan kesulitannya saat memodifikasi Yaris bakpao ini, salah satunya adalah menentukan fitment yang pas.

Baca juga: Berapa Biaya Kepemilikan United TX3000 dalam Satu Tahun Pemakaian?

“Menurut saya pribadi untuk modifikasi itu tidak ada yang mudah prosesnya, pasti jadi langganan bengkel bodykit tentunya kalau mobilnya ceper. Hal yang sangat tersulit itu nentuin fitment yang benar-benar pas,” kata dia.

Adapun menyoal waktu dan biaya, Rezha mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama dengan kisaran dana puluhan juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com