Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F1 dan MotoGP, Mana yang Lebih Populer?

Kompas.com - 20/06/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula 1 dan MotoGP merupakan ajang balap tertinggi di muka bumi. F1 untuk roda empat dan MotoGP untuk roda dua. Karena itu keduanya sering dibanding-bandingkan dari segala macam sisi.

Namun, mana yang lebih populer antara kedua ajang tersebut?

Sebetulnya tidak ada data pasti untuk membandingkan. Sebab di satu negara F1 mungkin lebih populer atau MotoGP yang lebih populer.

Baca juga: Makin Banyak Orang Emosi di Jalan Raya

Misalnya di Indonesia, MotoGP lebih populer ketimbang F1. Secara kasat mata penggemar MotoGP lebih banyak, bahkan Dorna Sport ingin sekali menggelar balapan di Indonesia karena penggemarnya banyak.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Menurut knottsmotorcycles.co.uk, secara global F1 lebih populer ketimbang MotoGP. Hal ini bsa dibandingkan dalam beberapa aspek, mulai jangkauan pemirsa dan tayangan televisi, sponsor, serta bintang di balapan tersebut.

Hal pertama yang membedakan F1 dan MotoGP adalah ukuran dan popularitasnya. F1 adalah olahraga internasional dengan balapan yang tersebar di seluruh dunia dengan banyak penggemar setia.

Dalam tulisannya, knottsmotorcycles, menyebut F1 disiarkan di lebih dari 200 negara dan dalam lebih dari 20 bahasa, sedangkan MotoGP hanya disiarkan di sekitar 140 negara.

Baca juga: Bakal Dijual di Surabaya Bulan Depan, Ini Perkiraan Harga BBM Bioetanol

Ferrari resmi mengungkap mobil balap Formula 1 untuk musim 2023.Foto: Carscoops.com Ferrari resmi mengungkap mobil balap Formula 1 untuk musim 2023.

Ini berarti penonton global F1 jauh lebih besar, memungkinkan orang di seluruh dunia untuk menonton balapan. Ini telah menjadi faktor utama popularitas F1, karena pemirsa dapat menonton balapan di jaringan televisi lokal.

Faktor kedua adalah gengsi terkait F1. Formula 1 dipandang sebagai puncak balap motorsport dan dipandang jauh lebih glamor dan bergengsi daripada MotoGP. Pebalapnya mengendarai mobil-mobil dengan teknologi balap terbaik.

Faktor ketiga adalah kualitas balapan. F1 menampilkan beberapa pebalap terbaik di dunia seperti Michael Schumacher dan Lewis Hamilton. Meski MotoGP juga tidak kalah ada Mick Doohan, Valentino Rossi, dan Marc Marquez.

Baca juga: Rapor Penjualan Sasis Bus, Mitsubishi Fuso FE 84G BC N Unggul

Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia ketujuhnya setelah menjadi pemenang F1 GP Turki pada Minggu (15/11/2020) malam WIB. Ini sekaligus menjadikannya pemenang F1 2020 meski masih ada tiga seri tersisa. AFP/CLIVE MASON Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia ketujuhnya setelah menjadi pemenang F1 GP Turki pada Minggu (15/11/2020) malam WIB. Ini sekaligus menjadikannya pemenang F1 2020 meski masih ada tiga seri tersisa.

Kemudian F1 punya sejarah yang panjang dan glamor. Balap mobil sudah ada sejak lama dan sejak 1950-an F1 hadir serta menciptakan beberapa momen paling ikonik dalam balapan mobil.

Jika dilihat dari akun resmi media sosial F1 dan MotoGP punya keunggulan masing-masing dalam jumlah follower. Per Mei 2023, akun Instagram F1 diikuti 23,3 juta orang sedangkan MotoGP hanya berjumlah 14,1 juta orang.

Akun Instagram Lewis Hamilton punya jumlah follower mencapai 33,7 juta alias lebih banyak dari dua jagoan MotoGP, yakni Valentino Rossi sebanyak 15,5 juta pengikut dan Marc Marquez sebanyak 6,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com