Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Asap Rokok Dapat Merusak Komponen AC Mobil?

Kompas.com - 19/06/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Merokok saat mengemudi masih menjadi kebiasaan masyarakat. Padahal, tindakan tersebut tidak bisa dibenarkan dari sisi keselamatan karena fokus pengemudi bisa terganggu.

Tidak hanya membahayakan diri sendiri dan penumpang, debu rokok juga dapat mengganggu pengguna jalan bila beterbangan di jalan.

Bahkan, merokok di dalam kendaraan sambil menyalakan AC juga dianggap dapat merusak komponen. Namun, apakah benar seperti itu faktanya?

Baca juga: Biaya Sekali Melakukan Servis Rutin AC Mobil di Yogyakarta?

Kebiasaan merokok bisa menjadi faktor risiko penyebab serangan jantung dan potensi kematian.Unsplash Kebiasaan merokok bisa menjadi faktor risiko penyebab serangan jantung dan potensi kematian.

Dewa, pemilik bengkel AC Mobil Jogja mengatakan kabar tersebut benar adanya, hanya saja tidak menyebabkan kerusakan secara langsung.

“Ketika pengendara sering merokok di dalam kabin dengan AC menyala, asap akan bersirkulasi bersama udara, sehingga pasti ikut melewati beberapa komponen,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Minggu (18/6/2023).

Dewa mengatakan kualitas udara yang buruk di dalam kabin akan membuat evaporator menjadi cepat kotor.

Akibat jangka panjangnya, kebiasaan merokok sambil menyalakan AC dapat menurunkan performanya.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Kabin Mobil Demi Kesehatan AC

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

 

“Embusan AC menjadi tidak maksimal karena ada bagian kisi-kisi evaporator yang tertutup oleh zat lengket efek asap rokok, kotoran tersebut susah dibersihkan karena lengket kecoklatan,” ucap Dewa.

Menurut Dewa asap rokok tidak menyebabkan kerusakan komponen AC lebih dari yang disebutkan, karena termasuk kontaminan yang ikut bersama udara.

“Sama seperti debu kecil, hanya akan mengotori bagian evaporator, jadi kerusakan yang diakibatkan termasuk jangka panjang, bagi orang yang tidak suka rokok akan terganggu karena bau rokok akan ada setiap angin AC berembus,” ucap Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com