Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Kabin Mobil Bau Apak, Cukup Pakai Odor Free dan Essential Oil

Kompas.com - 07/06/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabin mobil bau apak tentu bisa sangat menurunkan kenyamanan saat berkendara. Kendala ini memang mengganggu, tapi sebetulnya, cara penanganannya cukup mudah.

Pemilik mobil bisa menggunakan semprotan khusus yang disebut odor free. Sesuai namanya, cairan ini bisa menetralkan segala jenis bau di kabin mobil.

Anthony Setiadi, Direktur PT Tri Chemindo Ampuh (TCA) sekaligus formulator parfum mobil menjelaskan, odor free sebaiknya dijadikan cairan yang wajib ada di dalam mobil karena manfaatnya yang cukup besar.

“Harganya murah dan ada di hampir semua toko perkakas. Ini sangat bermanfaat semisal ada kejadian yang membuat kabin bau apak, seperti anak muntah, makanan basi, dan lain-lain,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Diskon SUV per Juni 2023 Tembus Rp 50 Jutaan

Parfum mobil jenis essential oil, alias biang minyak atsiriKOMPAS.com/Daafa Parfum mobil jenis essential oil, alias biang minyak atsiri

Dua hal yang harus diperhatikan pengguna adalah efek dan cara menggunakan odor free. Anthony menjelaskan, pemakaian yang keliru justru bisa sedikit membahayakan penumpang mobil.

Terkait penggunaan, penumpang dianjurkan keluar dan mobil dalam keadaan mati saat menyemprot odor free. Selain itu, mobil juga harus didiamkan selama setidaknya 1 jam setelah disemprot.

“Seperti nyemprot obat nyamuk untuk kamar. Kalau mobil langsung dipakai setelah odor free disemprotkan, khawatirnya bisa memicu bersin-bersin alergi atau iritasi mata. Karena pada dasarnya, ini cairan yang agak keras,” kata dia

Anthony menambahkan, fungsi utaman odor free adalah untuk menetralkan bau, bukan membuat kabin wangi. Oleh karenanya, dia menyarankan pengguna untuk menggunakan pewangi setelah menyemprotkan odor free.

“Bisa pakai pewangi netral yang natural. Jadinya setelah bau kabin dinetralkan dengan odor free, bisa langsung dibuat segar dengan essential oil,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com