Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Juara di LeMans 24 Jam, Pertama Setelah 58 Tahun

Kompas.com - 12/06/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan ketahanan LeMans 24H tahun ini berhasil dimenangkan Ferrari dengan mobil barunya yakni 499P. Kemenangan tersebut berhasil diraih Ferrari setelah 58 tahun yang lalu.

Dikutip dari Motorsport, mobil Ferrari nomor 51 yang diisi Alessandro Pier Guidi, James Calado, dan Antonio Giovinazzi itu menoreh sejarah, setelah terakhir Ferrari menang di LeMans pada 1965, saat itu dibawa oleh Masten Gregory dan Jochen Rindt.

Pier Guidi berhasil unggul 1 menit 21 detik di depan Toyota GR010 Hybrid nomor 8 yang dikemudikan Sebastien Buemi, Brendon Hartley, dan Ryo Hirakawa.

Baca juga: Lego Bikin Ferrari Monza SP1 Ukuran Penuh di Legoland

Kemenangan Ferrari di LeMans 24H setelah 58 tahunMOTORSPORT.com Kemenangan Ferrari di LeMans 24H setelah 58 tahun

Sedangkan posisi podium ketiga kelas Hypercar diisi oleh Cadillac V-Series.R nomor 2 yang dikemudikan Alex Lynn, Earl Bamber, dan Richard Westbrook. Selisihnya dengan Ferrari adalah satu putaran.

Jalannya balapan berlangsung seru ketika Ferrari dan Toyota merebut posisi pertama. Persaingan keduanya bisa dilihat saat trek lurus yang panjang sirkuit LeMans. Tapi memang Ferrari lebih unggul pace-nya, terlihat di setengah balapan menjelang akhir.

Pier Guidi sempat keluar trek di chicane Mulsanne yang pertama saat malam hari. Tapi Ferrari yang dia emudikan masih bisa unggul satu menit dari Toyota.

Baca juga: Terkenal Raja Ngebut, Ini Cerita Penumpang Naik Bus Sugeng Rahayu


Sebenarnya Toyota sempat mendekat ketika mobil Ferrari melakukan power cycle di pit saat balapan sudah 19 jam. Tapi, Hirakawa yang membawa mobil saat itu juga sempat keluar trek, membuat jarak dengan Ferrari semakin besar.

Hirakawa saat itu kelewatan saat mengerem di Arnage, menabrak dinding. Beruntung mobil masih bisa dibawa ke pit dan diperbaiki tanpa kehilangan satu putaran.

Sedangkan Cadillac nomor 2 yang finis posisi ketiga bisa dibilang punya balapan yang cukup bersih. Bahkan mobil Cadillac yang lain yakni nomor 3 berhasil finis posisi keempat dengan selisih 2 putaran dari Ferrari.

Kemenangan Ferrari di LeMans 24H setelah 58 tahunMOTORSPORT.com Kemenangan Ferrari di LeMans 24H setelah 58 tahun

Posisi finis kelima diisi oleh Ferrari nomor 50 yang disetir Nicklas Nielsen, Antonio Fuoco, dan Miguel Molina. Mobil yang sebenarnya meraih pole position ini mengalami keluar trek, sampai ketinggalan beberapa lap di pot karena kebocoran energy recovery system.

Pabrikan lain yang mengikuti kelas Hypercar yakni Peugeot dan Porsche kurang tampil di balapan tahun ini. Peugeot dengan mobil uniknya yang tidak pakai spoiler 9X8 alami spin saat berada di Mulsanne, hilang beberapa lap.

Sedangkan mobil satunya lagi yang sedang disetir Gustavo Menezes alami tabraan di chicane Mulsanne yang pertama saat awal balapan. Kedua mobil alami masalah di hidrolik dan dibawa ke pit, hasil paling baik dari Peugeot adalah finis ke-8.

Sedangkan Porsche kurang tampil karena ada beberapa masalah yang dialami mobil 963 LMDh. Mobil nomor 75 jadi yang pertama berhenti balapan karena masalah tekanan bahan bakar.

Lalu mobil nomor 6 mengalami tabrakan dan kehilangan banyak waktu saat mengganti baterai hybrid di pit. Lalu untuk mobil nomor 5, mengalami pecah ban sampai kebocoran di sistem pendingin, dan mengalami masalah di driveshaft sehingga finis ke-9.

Mobil Ferrari yang memenangkan balapan berhasil menyelesaikan 342 putaran Sirkuit LeMans. Memang angka tersebut masih lebih sedikit dibanding yang dicatat Audi saat memenangkan LeMans tahun 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com