Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Campur Aduk Perasaan Alex Marquez pada MotoGP Italia 2023

Kompas.com - 11/06/2023, 18:20 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez mengalami perasaan yang bercampur aduk pada MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello. Kecewa karena gagal menyelesaikan balapan saat sprint race, tapi dia senang bisa kompetitif lagi.

Sebelum terjatuh saat sprint race karena senggolan dengan Brad Binder, Alex berhasil mendapatkan posisi start ketiga saat kualifikasi. Hasil tersebut diraihnya murni tanpa bantuan pebalap lain.

Baca juga: Hasil FP 1 MotoGP Italia, Alex Marquez Tercepat

Pembalap Gresini Racing MotoGP yang didukung oleh pelumas Federal Oil ini berhasil mencatatkan waktu tercepat ketiga saat kualifikasi dengan 1 menit 45,007 detik, terpaut 0,152 detik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Alex mengatakan, motor Ducati Desmosedici GP22 sangat kencang dan bisa bersaing dari segi catatan waktu. Menurutnya, ritme yang dia miliki juga tidak begitu buruk dibandingkan Francesco Bagnaia yang raih pole position dan menang di sprint race.

“Setidaknya kita bisa setara dengannya dan paling penting di start balapan. Hari itu tanpa diragukan lagi merupakan hari yang positif, dan saya nyaman dengan rekomendasi ahli tim mekanik. Kami kembali ke level tinggi dalam kualifikasi dan sejujurnya, kecepatannya sangat bagus,” ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Start dari Posisi Sulit di Jerez, Gresini Racing Tetap Optimistis

Menanggapi insiden saat sprint race yang hanya berlangsung 11 putaran, Alex sangat menyayangkan kehilangan potensi meraih poin.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

“Sekali lagi kami memiliki sedikit keberuntungan, tetapi kami tidak menyerah dan kami akan berada dalam attack mode di balapan, terlepas dari kenyataan bahwa kita harus melakukannya dari baris kedua,” kata Alex, yang turun ke posisi keenam, karena penalti dari insiden dengan Brad Binder pada MotoGP Perancis.

Fabio Di Giannantonio, yang akrab disapa Diggia, akan start dari posisi ke-19. Pebalap Italia ini hanya bisa catatkan waktu 1 menit 46,170 detik dan masih meraba potensi dari Desmosedici GP22. Saat sprint race, Diggia berhasil memperbaiki posisi dan finis di urutan ke-14.

Baca juga: Alex Marquez Kecelakaan, Diggia Raih Poin Untuk Gresini Racing

“Mari kita mulai dari kualifikasi, sayangnya, kami tidak memiliki feeling yang tepat dengan bagian depan motor dan saya sangat kesulitan. Selama balapan, banyak hal positif terjadi, kami memulai dengan baik dan memulihkan lima posisi,” ujar Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Diggia menambahkan, dirinya masih kehilangan sesuatu dalam hal kecepatan, tetapi dia dapat meningkat dua-tiga persepuluh detik yang berarti langkah maju yang besar.

Pada klasemen sementara MotoGP 2023, Alex berada di peringkat ke-12 dengan 41 poin. Sementara Diggia, di peringkat ke-15 dengan total 25 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com