Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Estilo Tenaga 260 HP, Unjuk Gigi di Kejurnas Drag Race

Kompas.com - 11/06/2023, 17:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Race 2023 putaran ke-4 berlangsung hari ini, (11/6/2023) di Lapangan Udara Gading Wonosari, Yogyakarta.

Ajang balap ini diikuti oleh berbagai tim balap tanah air dari beberapa daerah. Termasuk AP Speed dari Jakarta yang tidak mengejar piala, tapi justru sekadar memecahkan rekor kecepatan pada masing-masing mobil.

Salah satu mobil balap yang menjadi sorotan adalah Honda Civic Estilo putih dengan mesin berdimensi lebih besar daripada biasanya.

Baca juga: Aksi Raffi Ahmad Geber Motor Drag Ninja 150 RR 2 Tak

Honda Civic Estilo di Kejurnas Drag Race 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Honda Civic Estilo di Kejurnas Drag Race 2023

Pebalap AP Speed Rian mengatakan, mobil yang dikendarai telah menemukan performa terbaiknya setelah beberapa pekan yang lalu sempat mengalami masalah.

“Kami melakukan ubahan pada sektor mesin dan lebar tapak ban, senang sekali hari ini bisa mencapai rekor terbaik saya dapat melibas trek sepanjang 201 m dalam 7,5 detik saja,” ucap Rian kepada Kompas.com.

Rian mengatakan dalam balapan tersebut dia tidak mengejar piala, namun memburu kecepatan terbaiknya. Itu sebabnya, tim AP Speed lebih fokus memodifikasi mobil sekencang mungkin.

Baca juga: Dibuka Besok, Berikut Syarat Pendaftaran Street Race Kemayoran 2023

Mesin Honda Integra B20 VTEC dipasang di Honda Civic EstiloKompas.com/Erwin Setiawan Mesin Honda Integra B20 VTEC dipasang di Honda Civic Estilo

Pemilik Bengkel AP Speed Bekasi Imam Choiri, yang akrab disapa Apre mengatakan, mobil yang digunakan memang memiliki spesifikasi khusus untuk drag race, jadi tidak bisa digunakan untuk pemakaian harian.

“Mesin Honda Civic Estilo ini menggunakan mesin Integra series B20 VTEC dengan ubahan kapasitas dari 2.000 cc menjadi 2.200 cc, dengan metode stroke up dan bore up, tanpa turbo dan lainnya,” ucap Apre.

Di atas kertas Honda Civic Estilo ini memiliki tenaga 260 tenaga kuda pada 9.500 rpm. Ditambah desain yang mendukung untuk drag race membuat mobil ini mampu melesat dengan optimal.

Baca juga: Diduga Hendak Drag Race, 42 Remaja dan 23 Kendaraan Diamankan Polsek Kembangan

Tim AP Speed di Kejurnas Drag Race 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Tim AP Speed di Kejurnas Drag Race 2023

Dia juga mengatakan desain mobil drag race mempertimbangkan bobot kendaraan dan traksi yang mampu dihasilkan oleh roda penggerak.

“Jika diamati ini menggunakan mobil penggerak roda depan, sehingga ban depan dibuat memiliki tapak yang lebar dan menapak sempurna dengan ban khusus, tapi ban belakang dibuat tipis agar lebih ringan,” ucap Apre.

Beberapa jok yang ada di mobil ini juga tampak sengaja dilepas untuk mengurangi beban kendaraan. Sehingga, tenaga mesin yang besar dapat menorehkan kecepatan terbaiknya.

Tidak hanya itu, bahkan hambatan udara juga diperhitungkan dengan baik. Terlihat dari spoiler, dan penutupan celah kap mesin sebelum race. Sehingga, mobil memiliki aerodinamis yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com