Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membeli Truk Seken Berkualitas

Kompas.com - 02/06/2023, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com – Truk bekas atau seken bisa menjadi solusi bagi yang ingin memiliki kendaraan niaga dengan harga murah.

Akan tetapi, hendaknya calon pembeli jangan sampai tergiur dengan mudah oleh harga murah yang ditawarkan penjual truk seken. Sehingga, penting sekali untuk mengetahui secara rinci kondisi dan juga riwayat pemakaian truk.

Pengelola Kudus Motor, Yudith Defian mengatakan, dari sisi penjual juga memiliki kriteria truk seken yang layak di beli dari pemilik sebelumnya untuk di jual kembali. Dengan begitu pelanggan akan mendapatkan unit truk dengan kualitas pilihan.

Baca juga: 3 Alasan Nissan Ikut Formula E, Bikin Mobil Listrik Lebih Seru

“Kondisi truk seken yang akan laku dibeli yaitu sasis bagus, kabin bagus dan mesin bagus. Tiga hal itu saja yang penting. Bila yang lainnya ada yang rusak akan kami ganti yang baru,” kata Yudith kepada Kompas.com saat disambangi di Jalan Raya Tajur, Bogor, Kamis (2/6/2023).

Truk Bekas Mitsubishi  Fuso Colt Diesel 2015 milik Kudus MotorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Truk Bekas Mitsubishi Fuso Colt Diesel 2015 milik Kudus Motor

Biasanya ketiga hal tersebut adalah hal yang paling sering ditanya pelanggan sebelum membeli truk seken. Namun, ada juga pelanggan yang mempertanyakan kilometer dari truk tersebut.

Sama seperti segmen mobil penumpang bekas, truk seken dengan kilometer rendah biasanya akan ditawar dengan harga tinggi.

“ Bedanya, dari pasar mobil seken untuk penumpang, calon pembeli truk seken tidak pernah menanyakan apakah unit pernah terendam banjir atau tidak. Setelah itu biasanya calon pembeli akan melakukan test drive atau menjajal langsung unit,” kata Yudith.

Baca juga: Aksi Heroik Manusia Silver Bantu Ambulans Melintas di Tengah Kemacetan

Apabila pelanggan sudah cocok dengan kondisi unit. Maka akan masuk ke tahap membicarakan harga. Namun, alangkah baiknya untuk membeli truk seken dengan mengajak pihak yang paham teknis dan kualitas truk. Kemudian pilih showroom atau jasa jual beli mobil bekas yang terpercaya atau bukan abal-abal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com