Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Honda CR-V Ringsek Saat Keluar Parkiran Plaza Indonesia

Kompas.com - 17/05/2023, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertemu jalan sempit kerap menjadi momok bagi sebagian pengemudi mobil, terutama yang belum mahir. Sebab bila tidak berhati-hati, bodi mobil bisa saja tergores.

Seperti kejadian yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Selasa (16/5/2023). Dalam tayangan tersebut, terlihat mobil CR-V merah yang mengalami ringsek pada bagian pintu samping kiri.

Diketahui pengemudi mobil tersebut belum mahir mengemudi, sehingga menyebabkan mobil tersangkut saat hendak keluar di parkiran Plaza Indonesia yang jalannya tergolong sempit.

Baca juga: Amankah Cek Kondisi Mobil Matik Bekas Pakai Metode Stall Test?

Director and Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengemudi saat melewati jalan atau parkiran sempit, yakni dengan berpatokan pada pilar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

“Saat keluar dengan teknik mundur, pastikan pembatas parkir (tiang/kendaraan orang lain di sebelah kita) sudah sejajar dengan pilar B, maka baru bisa setir di putar, sambil mata kita memerhatikan posisi pilar D kendaraan kita,” ucap Roslianna, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Jika posisi kendaraan saat parkir terlalu mepet salah satu sisi, maka saat keluar arahkan ke sisi yang lebar tetap menggunakan pilar B (tiang pintu pengemudi/sejajar bahu pengemudi.

“Baru setir bisa di putar, tetap memperhatikan mata ke spion ke arah pilar D (body ujung belakang/ekor mobil/bemper belakang) yang terdekat dengan rintangan,” kata Roslianna.

Kemudian, saat parkir ditempat umum (parkir mundur) dengan sistem parkir masuk kepala, maka pengemudi mundur lurus sampai tiang/kendaraan lain sudah sejajar dengan pilar B, baru putar setir kearah yang dituju.

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

“Perhatikan ruang kendaraan kita dengan tiang/kendaraan lain (usahakan saat parkir kendaraan berada di tengah-tengah/center) sehingga ruangnya aman saat bermanuver,” ucap Roslianna.

Roslianna menambahkan, kesulitan keluar parkir saat masuk kepala titik buta saat mundur sangat besar, sehingga sangat beresiko seperti keadaan di video tersebut, sehingga membutuhkan asisten untuk memberikan arahan.

Baca juga: Bugatti Jual Hunian Mewah di Dubai

“Sedangkan untuk tips saat di jalan sempit, pastikan pembatas jalan sisi kiri jalan, selalu berada di pertengahan dasbor kendaraan kita. Dengan demikian kita tidak akan khawatir dengan parit di sisi kiri kita,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com