Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PEVS 2023 Diharapkan Jadi Ajang Sosialisasi Kendaraan Listrik

Kompas.com - 17/05/2023, 11:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 diharapkan mampu menjadi ajang sosialisasi terbaik masyarakat atas perkembangan kendaraan listrik nasional.

Pasalnya, pada helatan tahunan yang resmi digelar 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta itu mempertemukan para pelaku bisnis dan industri, instansi pemerintah, BUMN, sampai konsumen.

"Pada gelaran kedua PEVS, pameran jadi lebih besar dan ramai. Jadi, akan terjadi transaksi lebih besar juga," ucap Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Periklindo, Moeldoko dalam seremoni pembukaan PEVS 2023, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: Promo Tiket Hari Pertama PEVS 2023, Diskon 50 Persen

"Pada sisi lain, melalui pameran ini juga kita menyosialisasikan kendaraan listrik ke masyarakat. Supaya persoalan terkait mobil listrik bisa dipahami lebih detil," kata dia lagi.

Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko saat memberikan sambutan pada Media Gathering PEVS 2023KOMPAS.com/daafa Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko saat memberikan sambutan pada Media Gathering PEVS 2023

Apalagi, Indonesia bersama negara-negara di kawasan ASEAN sudah setuju untuk membangun ekosistem kendaraan listrik dan menjadi pemain utama elektrifikasi global.

Sehingga proses percepatan pembentukan ekosistem mengenai kendaraan listrik harus semakin dipercepat.

Kesepakatan tersebut dilakukan saat kita memegang keketuaan ASEAN. Sehingga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan pengungkit dalam elektrifikasi," ucap Moeldoko.

Baca juga: Tiket Gratis Masuk ke PEVS 2023, Cek Syarat dan Ketentuannya

Moeldoko pun memastikan jika kendaraan listrik berbasis akan menjadi transportasi masa depan.

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022. Foto: Dyandra Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022.

"Jadi saya meminta rekan semua, dari investor, pengusaha, pemegang regulasi, dan seluruhnya, jangan ragu-ragu karena kendaraan listrik ialah moda masa depan untuk dunia lebih bersih," paparnya.

PEVS 2023 sendiri, akan menampilkan beragam kendaraan roda empat yang inovatif dan ramah lingkungan, mulai dari BMW, Hyundai, DFSK, Hyundai, KEVCBU, Mobil Anak Bangsa (MAB), Morris Garages (MG), Prestige, dan Wuling.

Sedangkan untuk motor listrik akan ada Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Gotion High-Tech, Greentech, Kymco, Rakata, Saige, Selis, Smartby, dan Volta.

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022. Foto: Dyandra Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022.

Tak ketinggalan, industri pendukung kendaraan listrik yang berperan penting dalam ekosistem kendaraan listrik, seperti ABC Lithium, Advance, Birubatt, Exicom, Fast, Gramedia, Honda Power Product Indonesia, Motoriz, Musashi, sampai Powerindo, Tanva, Tianneng, dan Venom.

Adapun deretan program baru dan menarik yang akan mewarnai PEVS 2023 mulai dari Drone Show by Fast, EV Fire Extinguish by Fast, EV Taxi Drift, EV Parade and Catwalk, EV Riding, EV Morning Run, hingga Electric Board & Scooter Ride.

Gesits ramaikan pameran PEVS 2023Dok. Gesits Gesits ramaikan pameran PEVS 2023

Kemudian ada juga Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, EV Test Ride, Miss PEVS dan terakhir Closing Ceremony PEVS 2023.

"PEVS merupakan pameran khusus kendaeaan listrik. Penyelenggaraan ini akan menjadi promosi dan interaksi ke masyarakat mengenai transisi kendaraan listrik dalam menciptakan energi besih," kata Board of Director Dyandra Promosindo Addy Damarwulan Gunadi.

"Pameran ini juga punya fokus yang kuat terhadap aspek bisnis. Rangkaian acara yang kami sajikan akan memfasilitasi pertemuan industri dengan buyer," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com