Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Berpeluang Raih Poin di MotoGP Perancis 2023

Kompas.com - 14/05/2023, 17:34 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gresini Racing masih punya peluang untuk bawa pulang poin pada MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans. Posisi start kedua pebalapnya masih memungkinkan untuk meraih hasil positif.

Tim satelit Ducati yang disponsori banyak perusahaan lokal ini kurang beruntung pada sprint race. Fabio Di Giannantonio finis di posisi ke-12 dan Alex Marquez finis di posisi ke-15. Meski demikian, keduanya masih bisa menyelesaikan balapan.

Baca juga: Apes di MotoGP Amerika, Alex Marquez Maafkan Jorge Martin

Untuk main race MotoGP Perancis 2023, Alex Marquez akan start dari posisi kedelapan. Sedangkan rekan setimnya yang akrab disapa Diggia, akan start dari urutan ke-15.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

Posisi di garis start memungkinkan kedua pebalap ini mendapatkan poin tambahan di klasemen sementara MotoGP 2023 dengan mengandalkan Ducati Desmosedici GP22.

Saat sesi kualifikasi, Alex mampu bukukan waktu 1 menit 31,275 detik. Sedangkan Diggia mencatatkan 1 menit 31,718 detik. Pemegang pole position adalah Francesco Bagnaia dengan torehkan waktu 1 menit 30,705 detik.

Baca juga: Start dari Posisi Sulit di Jerez, Gresini Racing Tetap Optimistis

Pada saat sprint race, Alex awalnya berkesempatan bertarung dengan para rivalnya di depan. Namun, sayangnya dirinya tersenggol oleh Aleix Espargaro yang terlalu bersemangat di paruh balapan sisa 6 lap dari 13 lap. Sehingga, Alex hanya bisa finis posisi ke-15.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Terkini, Alex Marquez (Gresini Racing) berhasil meraih pole position atau posisi terdepan usai menyelesaikan sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023.
Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Terkini, Alex Marquez (Gresini Racing) berhasil meraih pole position atau posisi terdepan usai menyelesaikan sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023.

“Sayang sekali, ketika menikung bersama, tapi hal ini biasa terjadi di balapan. Harga yang saya harus bayar akibat perseteruan Aleix Espargaro dan Marco Bezzecchi. Bagaimana pun kami kehilangan poin penting, meskipun itu hanya sedikit, tapi tentu mengecewakan,” ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Alex menambahkan, feeling dengan motor telah meningkat. Sehingga, dia tetap percaya diri dan optimistis untuk main race.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023GORINI_LUCA Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023

Sementara Diggia, mengakui bahwa performa Desmosedici GP22 semakin kuat. Hal tersebut dibuktikan dengan dirinya finis di posisi ke-12.

“Kita sudah punya motor yang kencang dan jalannya balapan juga tidak buruk, sangat potensial masuk ke pebalap rombongan kedua. Sayangnya, kita kehilangan banyak posisi usai start, kita perlu membahas hal ini bersama tim,” kata Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

“Saya masih kesulitan dengan bagian depan motor, sama merasakan sudah lewati batas dan sulit untuk melewati pembalap lain. Dengan lintasan yang bersih di depan, bisa andalkan kecepatan motor sehingga akan lebih bagus bisa start lebih baik nanti dan memperbaiki posisi lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Pada klasemen sementara MotoGP 2023, Alex tertahan di peringkat ke-10 dengan 41 poin. Sementara Diggia, berada di peringkat ke-15 dengan 17 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com