Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Carry Carreta Rakitan Karoseri Adiputro, Masih Mulus

Kompas.com - 14/05/2023, 13:47 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Carry merupakan kendaraan yang tidak pernah lekang oleh zaman di Indonesia. Salah satu produk dari PT Indomobil Suzuki Sales tersebut telah melewati berbagai fase untuk alami peningkatan mengikuti perkembangan zaman.

Bahkan, beberapa perusahaan karoseri lokal juga turut berkontribusi membuat bodi untuk Suzuki Carry, salah satunya Karoseri Adiputro.

Karoseri yang berbasis di Malang, Jawa Timur tersebut merakit bodi untuk Carry ST 100 yang kemudian dipasarkan dengan nama Suzuki Carreta.

Kendati saat ini sudah tidak lagi diproduksi, beberapa layanan jual beli mobil bekas masih menawarkan unit Suzuki Carreta.

Misalnya seperti penampakan Suzuki Carry 1.0 Carreta produksi Adiputro keluaran 2001 dengan KM 42.000 yang antik bisa dijumpai dalam diunggah akun Instagram @orlandoauto_car.

Baca juga: Sensasi Jadi Penumpang Ayla Baru, Senyaman Apa dengan Headrest Pendek?

Suzuki Carry 1.0 Carreta Adiputro 2001 KM 42rb AntikInstagram @orlandoauto_car. Suzuki Carry 1.0 Carreta Adiputro 2001 KM 42rb Antik

Direktur Adiputro David Jethrokusumo membenarkan sebelum berfokus untuk membuat bodi bus, perusahaanya juga merakit bodi secara massal untuk Suzuki Carry.

“Betul. Kita karoseri pertama di Indonesia yang bisa buat full pressed bodi. Jadi bukan sistem ketengan lagi,” kata David kepada Kompas.com, Minggu (14/5/2023).

Secara spesifikasi, Suzuki Carry ciri khas bodi buatan karoseri Adiputro punya visual yang seperti kapsul lantaran sedikit membulat dan lonjong.

Kemudian, bodi samping kendaraan tersebut disematkan stiker bertuliskan Dynamic Round Body.

Ciri khas lainnya, untuk jendela kursi baris kedua dan ketiga menggunakan jendela model geser. Lalu pintu belakang hanya dapat terbuka 3/4 bagian dari panel bodi belakang, menyerupai pintu belakang Toyota Kijang Super lawas.

“Sekarang sudah tidak ada cetakannya lagi. Dulu sejak Suzuki memutuskan stop produksi Carry, kita langsung stop produksi itu,” kata David.

Baca juga: Video Viral Ban Mobil Meletus, Diduga Pakai Ban Vulkanisir

Suzuki Carry rakitan Adiputro dan karoseri lokal lainnya merupakan minibus yang punya daya angkut yang lumayan besar untuk kelas mobil lawas.

Konfigurasi bangku mobil tersebut mampu memuat 8 orang penumpang, termasuk sopir. Maka dari itu, mayoritas saat ini jenis mobil ini banyak digunakan oleh angkutan umum dengan konfigurasi kursi yang telah dirombak.

Melengkapi hal tersebut Joshi Prasetya, Strategic Planning Dept Head PT SIS mengatakan, ada masanya produksi Carry menggandeng karoseri Tanah Air, tepatnya pada era 80an. PT SIS mengeluarkan pikap dan sasis untuk diubah menjadi minibus oleh perusahaan karoseri.

“Iya dulu kami memproduksi sasis Carry untuk dibuatkan bodi nya oleh perusahaan karoseri lokal,” kata Joshi saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (14/5/2023).

Selain Adiputuro, jajaran karoseri tanah air yang pernah merakit bodi Suzuki Carry ada New Armada, Tugas Anda, ABC, Alexander dan Tugas Kita.

Joshi juga mengatakan, bodi Carry dari setiap masing-masing karoseri lokal punya bentuk andalan sendiri-sendiri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com