Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai KTT, 25 unit Kendaraan Listrik Dihibahkan ke Polres Manggarai

Kompas.com - 14/05/2023, 16:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 25 kendaraan listrik berbasis baterai yang dipakai Korlantas Polri di gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada 6-11 Mei 2023 lalu dihibahkan ke Polres Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kendaraan ini terdiri dari satu mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan 24 unit sisanya, merupakan sepeda motor listrik Zero DSR (satu unit) dan Niu Gova 3. Motor ini nantinya digunakan untuk membantu tugas polisi.

"Penggunaan kendaraan listrik tersebut untuk mendukung operasional patroli dan pelopor penggunaan kendaraan listrik di Labuan Bajo," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat Iptu Royke Weridity melansir dari Antara, Sabtu (13/5/2023).

Baca juga: Xpander Pimpin Daftar 10 Mobil Terlaris di Indonesia pada April 2023

Motor listrik patugas kepolisian Zero DSRKompas.com/Nanda Motor listrik patugas kepolisian Zero DSR

Dijelaskan, nantinya Ioniq 5 hibah itu akan digunakan sebagai unit pengawalan suatu kasus atau tindak tertentu. Sedangkan motor listriknya dipakai sebagai kendaraan patroli dan yang bersangkutan.

Adapun Zero DSR sendiri, sebagai salah satu motor listrik yang dihibahkan ke Polres Manggarai Barat merupakan produk buatan perusahaan Amerika Serikat (AS) yang dirancang dengan spesifikasi khusus untuk tugas polisi.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Motor Listrik Honda EM1 e:

Sedangkan Gova 3 yang bentuknya seperti skutik kecil sehingga cocok untuk digunakan buat patroli kota.

Seluruh unit sudah diterima oleh Polres Manggarai usai diserahkan oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com