Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Start dari Posisi Sulit di Jerez, Gresini Racing Tetap Optimistis

Kompas.com - 30/04/2023, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Gresini Racing akan start dari posisi yang cukup sulit pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Meski demikian, keduanya yakin tetap optimistis bisa raih hasil positif.

Alex Marquez akan start dari posisi ke-12. Sedangkan Fabio Di Giannantonio, start dari posisi ke-15. Keduanya bisa tampil kompetitif pada sprint race.

Baca juga: Live MotoGP Spanyol 2023, Alex Marquez Terjatuh Lagi di Sprint Race

Tapi, sayangnya tim yang disponsori Federal Oil ini belum beruntung. Alex terjatuh dan tidak bisa meneruskan balapan. Sementara rekan setimnya, yang akrab disapa Diggia, finis di posisi ke-11 dan gagal juga mendapatkan poin.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023

Alex yang sangat cepat beradaptasi dengan Ducati Desmosedici GP22 sempat menguasai sesi kualifikasi ketika kondisi lintasan yang basah namun tetap nekat andalkan ban slick. Mengeringnya lintasan jelang berakhirnya sesi kualifikasi membuat banyak pembalap ekstra memaksimalkan performa motornya.

Risiko berada di barisan tengah ketika berlangsungnya sprint race membuat Alex harus terempas dari motornya, akibat tersenggol Franco Morbidelli yang memaksa masuk, kemudian ditabrak oleh Marco Bezzecchi.

Baca juga: Apes di MotoGP Amerika, Alex Marquez Maafkan Jorge Martin

Bendera merah pun terpaksa dikibarkan di awal balapan. Beruntung Alex tak mengalami cedera dan bisa ikut restart sprint race. Sayangnya, dirinya kehilangan cengkeraman ban saat akan menyelesaikan lap ke-4 dari 11 lap.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023

“Saya bisa dua kali start bagus saat sprint race, terutama saat pertama bisa memperbaiki posisi selepas tikungan 1 dan 2. Saya masuk tikungan bersama Morbidelli yang berusaha mendahului meskipun tak ada ruang di sana dan berakhir tabrakan. Saya tak mengira dirinya akan berusaha untuk menyalip,” ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Alex menambahkan, ketika balapan dimulai kembali, dirinya terlalu bersemangat tampil bagus dengan memperbaiki beberapa posisi. Menurutnya, sulit untuk diperkirakan dengan kondisi seperti ini dan harus lebih fokus mendapatkan hasil yang solid.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023

Sedangkan Diggia, mengatakan, mungkin ini hasil balapan MotoGP terbaik dirinya. Dalam hal kecepatan, dia terbilang masih unggul. Namun, sulit untuk menyerang di lintasan ini dan dengan kondisi seperti ini.

Alex dan Diggia akan melanjutkan balapan penuh di hari Minggu (30/4/2023), untuk mengejar tambahan poin di klasemen sementara MotoGP 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com