Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mogok di Tol Jangan Panik, Ini Cara Pakai Layanan Derek Mobil

Kompas.com - 30/04/2023, 13:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Memakai jasa derek mobil menjadi solusi yang kerap dilakukan oleh pengendara yang alami kendala di jalan tol.

Namun, bagi masih ada beberapa orang yang kerap dilanda rasa panik saat mobil alami mogok tiba-tiba di jalan tol. Padahal, cara menggunakan layanan derek kendaraan dari PT Jasa Marga (Persero) bisa tergolong mudah.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, pengendara yang sudah menghubungi layanan derek dari Jasa Marga tidak perlu lagi panik selama menunggu petugas.

Baca juga: Kipas Radiator Mobil Baru Berputar Bila AC Aktif, Amankah?

“Standar operasional yang ditetapkan oleh Jasa Marga adalah petugas derek akan tiba di tempat kejadian kurang lebih 30 menit, durasi 30 menit dihitung sejak informasi diterima oleh sentra komunikasi,” kata Faiza kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Faiza juga mengatakan, penderekan dilakukan atas permintaan pengguna jalan tol atau petugas di wilayah jalan tol untuk menjaga kelancaran lalu lintas dalam rangka pelayanan kepada pengguna jalan tol.

Maka dari itu, pengendara yang alami kendala di jalan tol dapat menghubungi One Call Center Jasa Marga pada nomor 14080 untuk meminta layanan resmi jasa derek mobil.

Pintu Tol Gunung Putri, tarif derek tol, tarif derek jasa marga, biaya derek tol.Jasa Marga Pintu Tol Gunung Putri, tarif derek tol, tarif derek jasa marga, biaya derek tol.

Layanan tersebut tersedia selama 24 jam. Nantinya akan ada petugas dari Jasa Marga yang datang ke lokasi kendaraan yang alami masalah dan memberikan penanganan sesuai standar operasi.

“Fungsi penderekan adalah membantu pengguna jalan tol untuk memindahkan kendaraan yang mengalami gangguan perjalanan atau kecelakaan lalu lintas ke tempat yang telah ditentukan.

Baca juga: Daftar LSUV Terlaris Maret 2023, Rush Teratas, Creta Masih di Bawah

Penderekan di jalan tol diberikan gratis kepada pengguna jalan tol yang mengalami gangguan perjalanan dan/atau kecelakaan lalu lintas di jalan tol dengan tujuan gerbang tol terdekat, pool derek dan tempat lain dalam radius 1 (satu) kilometer dari akses keluar jalan tol terdekat.

Penderekan dengan tujuan di luar ketentuan tarif gratis akan dikenakan tarif mengikuti jenis golongan kendaraan dan jarak tempuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com