Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

108 Unit SPKLU Siap Layani Mobil Listrik Selama KTT ASEAN Labuan Bajo

Kompas.com - 30/04/2023, 12:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik untuk mendukung gelaran KTT ASEAN yang dihelat di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023 mendatang aman, terkhusus untuk charging station mobil listik.

Mengingat, seluruh kepala negara dan deligasi nantinya akan memakai mobil listrik berbasis baterai (electric vehicle/EV) yang totalnya berjumlah 375 unit, selama helatan berlangsung.

"Tidak hanya memastikan keandalan pasokan listrik, PLN juga memastikan ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) cukup untuk memenuhi kebutuhan kendaraan selama KTT ASEAN," kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam siaran pers, Sabtu (29/4/2023).

Baca juga: Konsumsi BBM Mitsubishi Triton Lewat Jalur Pansela, Tembus 10 Kpl

Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.Dok. Wuling Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.

"Kami telah memasangnya di titik-titik strategis untuk mendukung kelancaran acara," lanjutnya.

Adapun jumlah SPKLU yang disediakan oleh PLN ada sebanyak 108 unit yang tersebar di tujuh lokasi.

Fasilitas tersebut bakal melayani 195 mobil listrik untuk delegasi, 91 motor petugas pengamanan, serta 89 kendaraan operasional yang totalnya 375 mobil listrik.

Sebanyak tujuh SPKLU di antaranya adalah ultra fast charging, satu SPKLU fast charging, dan 100 sisanya lainnya standard charging.

Baca juga: Daftar LSUV Terlaris Maret 2023, Rush Teratas, Creta Masih di Bawah

Stasiun pengisian kendaraan listrik PLN Lampung yang berada di rest area KM 163A jalan tol Lampung.KOMPAS.COM/DOK. PLN UID Lampung Stasiun pengisian kendaraan listrik PLN Lampung yang berada di rest area KM 163A jalan tol Lampung.

Sebanyak 108 SPKLU PLN untuk KTT ASEAN Labuan Bajo disiapkan di tujuh lokasi, yaitu:

1. Kantor Bupati Manggarai Barat
2. Lapangan Parkir Kampung Ujung
3. Lapangan Parkir ASDP
4. Parkiran Hotel Sudamala
5. Parkiran Hotel Ayana
6. Parkiran PRKP/ Telkom
7. Parkiran Polres Mabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com